POPULAR STORIES

Ini Loh Motor Listrik Roda 3 Buatan Indonesia

Ini Loh Motor Listrik Roda 3 Buatan Indonesia IIMS 2018 Hadirkan Motor Listrik Roda 3 Buatan Indonesia (Enrico / KabarOto)

KabarOto.com - Beberapa bulan lalu publik sempat digegerkan dengan beberapa foto motor listrik roda tiga berseliweran di jalan raya. Motor menyerupai mobil tersebut, kini bisa dilihat dan diuji coba pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, JIExpo Kemayoran, Jakarta, yang digelar sejak 19 -29 April besok.

Motor ini dibuat oleh perusahaan otomotif dalam negeri, Selis. Perusahaan tersebut memiliki kapasitas produksi 5.000 unit per bulan. Artinya, total produksinya dalam setahun bisa mencapai 60.000 unit.

Baca Juga : Suzuki GSX-R150 Hadir dengan 3 Varian Warna Baru

Menurut perwakilan Selis, Aziz, motor listrik roda tiga ini sengaja didesain berkabin dengan nama tipe New Balis. Bodi kendaraan terbuat dari fiber menggunakan mesin listrik, sehingga cukup nyaman dikendarai terutama di musim hujan.

"Jika dilihat kabin, desain interiornya cukup sederhana, namun fungsional. Kabin depan difungsikan sebagai ruang kemudi dan kabin belakang untuk penumpang," ujar Aziz saat ditemui Kabaroto di JIExpo Kemayoran, Sabtu (28/4/2018).

Selis New Balis dirancang bisa memuat tiga orang dengan daya tampung maksimal 300 kg. Sumber tenaga motor ini adalah dinamo DC 60-1.500 Volt yang mendapat pasokan listrik dari baterai kapasitas 60 Volt 40 AH.

Saat baterai dalam keadaan penuh, motor listrik ini sanggup melaju hingga 50 km dan mampu bertahan selama 7,5 jam sekali isi.

"Kendaraan ini pakai listrik. Untuk mengisi baterai bagian belakangnya dibuka dan tinggal dicolok," terang Aziz.