POPULAR STORIES

India Punya Jalan Dari Sampah Plastik

India Punya Jalan dari Sampah Plastik

India terus melakukan inovasi. Negara yang terkenal dengan film Bollywood ini berhasil membuat jalan dengan bahan dari plastik bekas.

Jambulingam Street di Chennai menjadi satu di antara jalanan di India yang menggunakan material pendukung lem polimer. Bahan dasar lem polimer adalah sampah plastik.

Jambulingam Street ini merupakan salah satu jalanan plastik yang paling awal dibangun di India. Sejak 15 tahun lalu India sudah menyadari kemungkinan membludaknya sampah plastik yang kemudian memicu inovasi untuk memanfaaatkannya menjadi bahan dasar jalan raya.

Jalanan polimer yang terbukti dapat bertahan lama ini kemudian mendapat banyak pujian bahkan hingga ke negara tetangga India, Bhutan.

"Jalanan plastik ini tidak menunjukkan kerusakan sedikitpun, bahkan tidak ada tanda retak samasekali. Padahal usianya sudah lebih dari empat tahun," begitu yang disampaikan badan penanggulangan polusi di India seperti dilansir The Guardian.

Kini, lebih dari 21.000 mil atau sekitar 34.000an km jalan raya di India menggunakan plastik, yang sebagian besarnya terletak di selatan Tamil Nadu. Kebanyakan memang jalanan di wilayah pinggiran, namun beberapa juga telah dibangun di kota besar seperti Chennai dan Mumbai.

Ternyata penambahan bahan polimer untuk jalan raya ini bukanlah sesuatu yang benar-benar baru. Tahun 70-an, model seperti ini sudah marak di Eropa. Begitupun 35 % wilayah di Amerika Utara.

Berita Terkait

Berita Terkait