POPULAR STORIES

Indonesia Culinaride, Susuri Jejak Kuliner Peranakan Di Pesisir Utara

Indonesia Culinaride, Susuri Jejak Kuliner Peranakan di Pesisir Utara tim Indonesia Culinaride Gunakan Inzamu dan V-strom ( Foto : Indonesia Culinaride)

Tiga bikers sepeda motor yang mengusung bendera Indonesia Culinaride mencoba touring dari Jakarta menuju Malang Jawa Timur untuk menyusuri jejak kuliner peranakan di sepanjang pantai utara pulau Jawa.  Indonesia Culinaride berusaha menggabungkan sebuah hobi berkendara sepeda motor yang juga memberitakan  tempat tujuan wisata kuliner yang merepresentasikan budaya lokal. Diharapkan pemberitaan itu membawa manfaat positif bagi pelaku UKM kuliner setempat.

Ke tiga bikers tersebut adalah Andra, Harry dan Arya dalam touringnya akan mencari pengusaha kecil dan menengah yang bergerak di bidang kuliner khususnya kuliner peranakan di kota-kota di pesisir utara Jawa. Mengapa hanya mengkhususkan pada kuliner peranakan? “Kuliner peranakan mempunyai sejarah dan perjalanan yang cukup unik sejak jaman pemerintahan Majapahit hingga sekarang. Proses asimilasi dan percampuran budaya antara perantaun dari daratan Tiongkok dan penduduk pribumi di pulau Jawa menghasilkan sebuah budaya peranakan yang menambah ragam kekayaan budaya Republik Indonesia,” kata Andra, selaku leader Indonesia Culinaride.

Proses seperti itulah yang akan dirangkum oleh tim Indonesia Culinaride. Sebuah keunikan yang dihasilkan oleh proses asimilasi dan adaptasi oleh para perantauan dari Negeri Tirai Bambu di pulau Jawa sejak jaman Majapahit hingga sekarang. Menggunakan tiga sepeda motor; satu unit Suzuki V-Storm 650, satu unit Suzuki Inazuma 250 dan satu unit motor pendukung, mereka akan menyusuri kota-kota di pantai utara Jawa mulai dari Tegal, Pekalongan, Semarang, Kudus, Juwana, Lamongan, Surabaya, Mojokerto hingga Malang.

Touring ketiga bikers ini mulai dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2016 dengan dukungan dari Adira Finance, Michelin Indonesia, Suzuki Indomobil Sales (2W), Pertamina Retail, Eiger, Nikon Indonesia dan Sircon Premium Helmet. Diharapkan pada tanggal 15 Mei tim Indonesia Culinaride akan kembali ke Jakarta dengan selamat dan membawa hasil yang menggembirakan.

Baca juga :