POPULAR STORIES

Ingin Ganti Setir Mobil Racing? Jangan Sembarangan, Perhatikan Hal Berikut

Ingin Ganti Setir Mobil Racing? Jangan Sembarangan, Perhatikan Hal Berikut Setir mobil racing. (Foto: Istimewa)

Bagi Anda pecinta dunia otomotif khususnya di dunia balap, bahkan penyuka modifikasi berbau balap, pastinya mobil sendiri pun akan diubah sedikit demi sedikit demi memenuhi hasrat tersebut. Satu bagian yang paling mudah untuk diubah adalah setir. Namun, memilih setir mobil racing juga tidak bisa asal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Di pasaran tentu banyak toko-toko yang menyediakan setir racing, mulai dari yang standard sekedar berlapis kulit, hingga model mobil balap Formula 1 pun juga tersedia. Tapi setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan juga harus dikondisikan sesuai kebutuhan kita agar tetap nyaman ketika digunakan.

Dalam memilih setir racing, Anda sebaiknya memilih ukuran yang tidak terlalu jauh dari setir standar bawaan pabrikan. Pada umumnya, setir racing memiliki diameter 12.6 - 13.8 inci. Sementara setir standar, biasanya berdiameter 14-15 inci. Hal ini berpengaruh pada radius putar lebih cepat dari ukuran standar. Jika terlalu kecil bisa membuat berat kemudi, sehingga susah memutarnya.

Pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak licin, meskipun saat balapan Anda juga dituntut untuk menggunakan sarung tangan. Bahan setir biasanya terbuat dari kayu, kulit imitasi, kulit asli, dan suede. Bahan kulit dan suede merupakan alternative terbaik, meskipun harganya jauh lebih mahal. Solusinya bias dengan memilih bahan yang merupakan kombinasi dari kulit dan suede.