POPULAR STORIES

Ini Alasan Busi Motor Harus Diganti

Ini Alasan Busi Motor Harus Diganti Kalau di motor Honda, idealnya penggantian busi dianjurkan setiap kelipatan jarak tempuh 8.000 kilometer. (Foto: Istimewa)

Tentunya Bro and Sist sudah mengetahui mengenai busi motor. Busi merupakan sparepart yang sangat penting keberadaannya. Tanpa adanya busi ini, motor jalannya akan mengendat bahkan tak bisa jalan. Suara mesinnya pun pincang. Karena itulah lebih baik kita melakukan perawatan motor dengan mengganti busi tersebut.

Artikel di media online kabaroto ini akan membahas alasan busi motor harus diganti. Dan, kapan waktunya?

Ditemui di bengkel motor di wilayah Tangerang Selatan, seorang mekanik memberikan alasan tentang penggantian busi motor. walaupun busi tersebut sudah dipakai dengan jarak tempuh belasan ribu kilometer. Yang tetap masih bisa memercikan api. namun apakah percikan tersebut sempurna?

"Kalau di motor Honda, idealnya penggantian busi dianjurkan setiap kelipatan jarak tempuh 8.000 kilometer. Pada 4.000 kilometer pertama, disarankan busi dibersihkan dari sisa pembakaran dan di cek jarak renggang (gap) dari elektrodanya. Standarnya 0,8 mm–0,9 mm,” jelas Sang Mekanik, Udin.

Lalu, apa alasannya? Tujuan tak lain untuk menjaga agar pembakaran tetap sempurna. Sehingga performa mesin selalu optimal.

“Maksimal sampai jarak tempuh 10.000 kilometer. Tergantung anjuran pabriknya. Karena ketika sudah melewati pemakaian tersebut biasanya kinerja busi mulai menurun, walaupun busi itu terlihat masih memercikan api,” ujarnya.

nah bila sudah menurun performa mesinnya, maka akan ada efeknya. Apa itu? Percikan apinya tidak maksimal, akibat dari akumulasi karbon di busi dan terkikisnya elektroda. Jadi jika busi motor Bro and Sist sudah waktunya harus diganti, segeralah, jangan tunggu sampai performa mesin motor Bro and Sist ngadat.

Baca Juga: