POPULAR STORIES

Ini Alasan Kenapa Penjualan Suzuki Ignis Merosot Di Februari 2018

Ini Alasan Kenapa Penjualan Suzuki Ignis Merosot di Februari 2018 Suzuki Ignis Sport Edition

KabarOto.com - Pada bulan Februari lalu, Suzuki Ignis mengalami penurunan penjualan yang cukup tinggi. Alhasil pesaing terdekatnya, yakni Honda Brio berhasil melesat menduduki posisi puncak. Ternyata, alasannya bukan karena sekadar melorot, tapi ada akibat gaya membeli di masyarakat Indonesia.

Honda Brio mencatat penjualan tertinggi di segmen city car dengan torehan penjualan sebesar 1.186 unit, sementara untuk Ignis hanya terjual sebanyak 591 unit.

Jika dibandingkan bulan Januari, memang penjualan Ignis mengalami penurunan yang cukup drastis dari sebelumnya berada di angka 1.922 unit.

Baca juga: Jawaban Suzuki Indonesia Mengenai Kehadiran Wagon R Terbaru

Hasil tersebut diketahui berdasarkan data wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).
Suzuki Ignis Sport Edition
Suzuki Ignis Sport Edition (Deni/Kabaroto)

Donny Ismi Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan, "Penurunan penjualan yang dialami Ignis, karena ketersediaan unit saja. Karena mobil ini masih di impor dari India. Lalu pengaruh juga dengan VIN (Vehicle Identification Number), karena tipikal konsumen masih melihat ke sana," ujarnya saat berbincang dengan KabarOto di Kantor Pusat Suzuki di Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Lebih lanjut Donny pun menjelaskan bahwa penurunan penjualan Suzuki Ignis diyakini tidak akan berangsur lama. Ia mengklaim penjualan Ignis akan kembali normal di bulan-bulan selanjutnya. Karena pihaknya pun tengah fokus untuk persiapan jelang lebaran.

Sekadar informasi, di tahun 2017 lalu penjualan wholesales Ignis tercatat tertinggi di segmen citycar dengan pencapaian 14.157 unit, mengalahkan pemimpin pasar sebelumnya yakni Honda Brio yang terjual sebanyak 10.580 unit.