POPULAR STORIES

Ini Alasan Mengapa Knalpot Motor Ada Di Sisi Kanan

Ini Alasan Mengapa Knalpot Motor Ada di Sisi Kanan

Kabaroto.com - Mayoritas knalpot sepeda motor berada di sisi sebelah kanan. Hanya sedikit sekali sepeda motor yang memiliki knalpot di sisi sebelah kiri.

Hal ini menimbulkan pertanyaan yang cukup menggelitik di benak para pemilik sepeda motor. Mengapa letak knalpot berada di sebelah kanan? Adakah alasan khusus?

Ramesh Kumar Wali dari Safety Engineering BOC India Ltd mencoba untuk menjawab pertanyaan ini. Logika penempatan knalpot motor di sebelah kanan sebenarnya berkaitan erat dengan kebiasaan para pengendara sepeda motor itu sendiri.

Orang-orang yang mayoritas kegiatannya menggunakan bagian tubuh sebelah kanan atau tidak kidal biasanya naik dan turun motor dari sebelah kiri. Jadi, jika letak knalpot ada di sisi kiri, kemungkinan kaki mereka akan terkena knalpot yang panas.

Tak hanya itu saja, Ramesh Kumar juga menjelaskan alasan lain mengapa letak knalpot motor ada di sisi kanan. Hal itu berhubungan dengan letak tuas rem motor.

"Pada roda dua, tuas rem berada di sisi kanan, sehingga saat menghentikan motor, kaki kiri Anda bebas menyeimbangkan. Dengan begitu memang knalpot harus berada di kanan saja," ujarnya, dikutip dari researchgate.net.

Faktor lain berkaitan dengan polusi yang dihasilkan. Diungkapkan oleh Chandrakant Limkar, Mechanical Engineering Lahore Medical and Dental College, dengan menempatkan knalpot di kanan, maka menghindari polusi langsung kepada pejalan kaki.

"Kita berkendara di kiri. Untuk menghindari polusi emisi langsung ke pejalan kaki yang ada di kiri, maka knalpot tetap berada di kanan," ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkait