POPULAR STORIES

Ini Cara Bikin Usia Power Window Jadi Panjang

Ini Cara Bikin Usia Power Window Jadi Panjang Rawat power window agar awet (Foto: Kipli)

KabarOto.com – Memang simpel namun mengganggu kalua kaca jendela mobil naik-turunya lambat alias seret, ditambah bunyi mendecit, pasti tidak nyaman. Apalagi jika bagian kaca jendela yang bermasalah tepatnya ada di pintu pengemudi. Yang mana kaca jendela sebelah kanan sering buka-tutup ketika mau bayar parkir, bayar tol, berkomunikasi dengan orang di luar atau sekadar cari angin.

Tapi tidak usah khawatir. Kaca jendela seret masih bisa diatasi dengan langkah preventif, apalagi perbaikannya termasuk mudah. Sehingga motor pemutar kaca jendela yang gunakan sistem otomatis alias power window, kerjanya tidak terlalu berat dan membuat masa pakaianya jauh lebih panjang.

Kaca jendela seret atau berderit penyebabnya dari berbagai faktor. Biasanya, kaca menjadi seret karena di jalurnya telah menumpuk berbagai macam kotoran mulai dari kerikil, debu hingga oli. Meskipun sebenarnya hal tersebut terhitung wajar lantaran merupakan proses penggunaan mobil selama berjalan.

Baca Juga: 4 Poin Mudah Merawat Wiper Mobil

“Makanya biar jalur kaca jendela tetap bersih, baiknya bersihkan kaca sesering mungkin agar debu tidak mudah bersarang Dan jika waktunya memungkinkan, jalur kaca bisa dicuci sendiri menggunakan sikat dan sabun cuci mobil. Tapi kalau jalur dudukan kaca sudah getas dan tidak lembut, sebaiknya ganti baru”, ujar Qobul dari Lutfi Audio, Jakarta Barat (4/4/2018).

Lain hal jika kotoran di jalur kaca dibiarkan tetap bersarang atau tidak segera diganti. Maka komponen yang akan alami kerusakan paling parah selain kaca adalah motor power window. “Sebab kalau kaca, gesekan antara kotoran – kaca – dan jalur kaca akan membuat kaca baret,” imbuh Qobul yang juga sering mengobati penyakit power window ini.

Sementara kalau motor power window yang seret pergerakannya, kaca akan menghasilkan beban tambahan. Dan pada gilirannya nanti akan membuat motor power window lebih cepat rusak. Padahal kerusakan power window yang wajar, biasanya dari motor (dinamo) atau dari kabel sling yang rusak.

Itu sebabnya, perawatan untuk menghindari kaca seret adalah langkah penting. Selain demi menjaga kenyamanan, juga membuat komponen yang terlibat dengan kaca menjadi awet.