POPULAR STORIES

Ini Dia Cara Cegah Pelek Cepat Rusak

Ini Dia Cara Cegah Pelek Cepat Rusak Pelek rusak akibat beberapa faktor (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Bagian kaki-kaki yakni pelek menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan. Pasalnya, jika bagian ini bekerja dengan baik, tentunya dapat mengurangi risiko kecelakaan. Walaupun tampak kokoh, tapi pelek juga bisa mengalami risiko peyang dan retak.

Oleh karena itu, pelek menjadi salah satu yang perlu dilakukan perawatan dan pengecekan secara rutin. Untuk merawat pelek, ada baiknya lakukan tiga hal berikut yang dijabarkan oleh Charly Arifin dari Dunia Ban, Cikokol, Tangerang ini:

Baca Juga: Ini Dia Jurus Simpel Penangkal Jamur Kaca Mobil

Hindari Jalan Berlubang

Sebisa mungkin, gunakan jalur yang tidak berlubang untuk dilalui kendaraan Anda atau minimal kurangi laju kendaraan saat melewati jalan rusak agar pelek Anda tidak bengkok, atau pecah di bagian pinggirnya.

Anda juga harus lebih waspada apabila menggunakan ban bentuk tipis, karena hal ini membuat hentakan antara jalan dengan ban lebih terasa yang kemudian akan mempengaruhi pelek.

Tekanan Angin Sesuai

Tekanan angin pada ban mobil telah memiliki standar ukuran yang biasanya dapat dilihat di buku manual atau di sekitar pintu mobil. Apabila tekanan angin tidak sesuai, pelek akan mudah penyok di bagian bibir pelek.

Pada petunjuk di atas, perhatikan angka yang ditunjuk anak panah. Petunjuk ini mengartikan bahwa ban depan harus diisi angin bertekanan 29 PSI, dan ban belakang 26 PSI.

Ukuran Ban

Sesuai dengan pelek Ukuran ban yang tidak sesuai dapat membuat ban cepat rusak yang pada akhirnya akan mempengaruhi pelek.

Setiap pelek memiliki ukuran standar minimal dan maksimal untuk penggunaan ban, sehingga perhatikan baik-baik ban yang akan Anda beli dan pastikan ukuran ban sesuai ketentuan untuk mencegah pelek rusak.

Mulai rawat pelek dari sekarang ya sobat Kabaroto, selain mencegah kecelakaan juga mengirit ongkos maintenance kendaraan.