POPULAR STORIES

Ini Kelebihan Transmisi Manual Dibandingkan Matic

Ini Kelebihan Transmisi Manual Dibandingkan Matic Mengemudi Mobil Manual Lebih Miliki Konsentrasi Lebih. (Foto: Istimewa)

Mobil transmisi matic belakangan lebih digemari oleh sebagian masyarakat Indonesia. Selain mudah, transmisi matic dirasakan tidak membuat lelah kaki saat melintasi jalan yang padat di Ibu Kota. Selain itu jika melakukan perjalanan panjang, transmisi matic juga lebih nyaman. Tinggal gas dan rem saja maka mobil bisa sampai ditujuan. Tetapi sebenarnya banyak keunggulan yang diperoleh jika sistem transmisi manual, apa saja?

Meski begitu ternyata banyak keunggulan yang bisa dirasakan dengan menggunakan mobil bertransmisi manual. Dan banyak juga yang tidak meninggalkan transmisi manual ini. Kabaroto berbagi keunggulan transmisi manual hasil kutipan dari daihatsu.co.id.

1. Teknik Engine Brake. Menggunakan mobil bertransmisi manual si pengemudi bisa melakukan teknik engine brake. Teknik engine brake adalah mengurangi kecepatan dengan mengurangi gigi transmisi pada mobil. Contohnya, pada saat jalanan yang curam (menurun) pengemudi tidak harus terlalu sering menggunakan rem. Karena hal tersebut bisa ditahan dengan mesin sehingga mengurangi penggunaan rem.

2. Hemat Bahan Bakar. Transmisi manual lebih irit dibandingkan dengan matic terutama dari pengeluaran bahan bakar. Ini karenakan transmisi manual lebih mudah dalam mengatur putaran mesin saat berkendara.

3. Bagus untuk Pemula. "Real Driver uses Three Pedals" istilah ini mungkin menggambarkan bahwa menggunakan mobil transmisi manual adalah cara mengemudi yang sesungguhnya. Tentunya dengan belajar lebih dahulu dengan mobil manual membuat lebih pede saat mengemudi karena sudah mengetahui beberapa transmisi yang tak ada di dalam mobil matic.

4. Mengemudi Mobil Manual Lebih Miliki Konsentrasi Lebih. Transmisi Manual pastinya membuat pengemudi memiliki konsentrasi tinggi lantaran harus mahir memainkan kopling dan juga menginjak pedal gas. Saat mengemudi manual, kaki dan lengan juga bergerak sehingga pengemudi tidak akan melakukan aktivitas lainnya selain mengemudi.

5. Mobil Transmisi Manual Lebih Murah Dibeli. Umumnya harga mobil jenis manual yang baru lebih murah di bandingkan dengan mobil yang berjenis matic. Selain itu, harga jual kembalinya lebih tinggi di bandingkan mobil jenis matic.

6. Perawatan Mobil yang Mudah. Dari segi perawatan, mobil yang bertransmisi manual biasanya lebih mudah dibandingkan dengan mobil bertransmisi matic. Selain itu, untuk biaya service juga bisa dikatakan lebih murah karena daya tahan oli pada mobil lebih lama sehingga tidak perlu sering sering mengganti oli, tetapi cukup di servis secara berkala saja.

7. Akselerasi Mobil Lebih Baik. Dengan menggunakan mobil transmisi manual, pengemudi bisa lebih leluasa dalam memainkan kopling dan juga menginjak pedal gas. Akselerasi manual lebih terasa responnya dibandingkan dengan akselerasi matic. Sebab, transmisi otomatis biasanya agak lama pada tarikan pertama.

Baca Juga:

 

Berita Terkait

Berita Terkait