POPULAR STORIES

Ini Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor

Ini Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor Aki pada sebuah mobil memiliki peran yang sangt penting. Jika aki soak atau air aki habis, fungsi mobil akan berkurang. (foto: istimewa)

Aki pada sebuah mobil memiliki peran yang sangt penting. Jika aki soak atau air aki habis, fungsi mobil akan berkurang. Banyak hal yang terjadi, mulai mobil tidak bisa distater, lampu tidak menyala dan masih banyak lagi. Bahkan mobil pun akan mogok bila kondisi aki mengalami kerusakan yang sangat parah.

Tentu anda membutuhkan informasi apa yang membuat aki mobil airnya cepat habis dan juga mati. Berikut Legoso Aki memberikan informasi seputar penyebab aki mobil cepat rusak:

1. Terlalu sering mengemudi mobil jarak pendek membuat aki mobil akan cepat. Sering mengemudi kurang dari 20 menit bisa membuat alternator tidak memiliki cukup waktu penuh untuk mengisi ulang aki. Selain itu terlalu sering mengemudi jarak pendek dapat mengurangi usia aki yang normalnya bertahan tiga sampai lima tahun.

2. Suhu Ekstrim dapat mempengaruhi kelancaran reaksi kimia dalam aki. Karena energi kimia yang ada pada aki berubah menjadi energi listrik. Suhu dibawah titik beku berpotensi membuat aki mobil mati sehingga perlu di-charge ulang. Begitu pula suhu yang terlalu panas juga bisa membuat aki mobil kering atau rusak.