POPULAR STORIES

5 Tanda Ban Kendaraan Harus Segera Diganti

5 Tanda Ban Kendaraan Harus Segera Diganti ban mobil (istimewa)

KabarOto.com - Kita tidak dapat memperkirakan berapa lama umur dari sebuah ban, Itu karena ada berbagai faktor yang memengaruhinya seperti desain, kebiasaan pengemudi, iklim, kondisi jalan, dan perawatan terhadap ban tesebut.

Lantas, bagaimana cara mengetahui ban kendaraan kita sudah harus diganti? Berikut KabarOto mencoba mengulasnya.

1. Lihat Kondisi Tapak Ban

Semua ban memiliki indikator tapak-pakai. Jadi, apabila permukaan ban sudah melewati batas indikator tersebut, bisa dikatakan ban kendaraan Anda sudah aus dan harus segera diganti dengan yang baru.

2. Lihat Lapisan yang Rusak

Kalau untuk yang satu ini tidak perlu orang pintar untuk mengetahui kalo ban Anda mengalami kerusakan. Kita bisa melihat lapisan karet ban yang rusak akan mengalami kering dan mengeras serta diikuti dengan retak-retak pada bagian tengah ban.

Baca Juga:

3. Umur Ban

Ya, ban juga memiliki umur. Hal itu dihitung dari saat diproduksi dan ditandai dengan kode yang berada di samping ban tersebut. Kode itu bisanya 4 digit seperti contoh, 3017 yang artinya ban dibuat pada minggu ke 30 tahun 2017. Minimal umur ban hanya sampai 5 tahun dan paling lama 10 tahun.

4. Terasa Bergetar

Jika anda merasakan getaran pada saat berkendaraan, janganlah menganggap enteng masalah tersebut. Tidak semua ban diciptakan sama atau sempurna.

Ban sering memiliki masalah seperti cacat produksi atau telah rusak akibat jalanan yang tidak rata dan berlubang. Jadi apabila Anda merasakan getaran saat berkendaraan terutama dalam kecepatan rendah, sebaiknya Anda membawa mobil itu ke bengkel untuk diperiksa.

Jadi bila ban Anda sudah saatnya untuk diganti maka lakukanlah, jangan menunggu sampai sesuatu yang buruk menimpah Anda dan keluarga. Pilihlah dengan bijaksana jenis ban yang sesuai dengan karateristik mobil Anda.