POPULAR STORIES

Ini Tips Agar Premium Motor Kopling Tak Boros

Ini Tips Agar Premium Motor Kopling Tak Boros Foto Ilustrasi hemat bahan bakar. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi (Foto: kabarOto/Bimo Hariyadi)

Sering kali kita mendengar bahwa motor kopling yang kita miliki boros premium alias bensinnya. Berikut tips agar hemat bahan bakar bensin motor Bro and Sist.

Sebelum memberikan kesan boros pada motor kopling kita, ada baiknya perhatikan celah klep. Celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. Apalagi jika Bro and Sist cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat, tentu efeknya, bensin banyak terpakai. Nah untuk itu, kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat sesuai spesifikasi motor masing-masing.

Bila Bro and sist ingin menyetel kopling, pastikan stelanya jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling ditekan, gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Ini akan membuat kopling mudah selip saat gas di pelintir, otomatis lari motor pun jadi tertahan, tapi putaran mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik. Sudah tipis kampas kopling Bro and Sist sebaiknya diganti dengan yang baru.

Umur kerja busi, efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari itu, performa busi mulai menurun. Hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop, alhasil pemakaian Bensinpun jadi boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun loyo. Bila umur busi masih efektif, rajinlah dibersihkan saat servis rutin, sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan busi.

Filter jenis viscous element tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan. sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Bila tampak kotor harus diganti baru. Ingat ganti baru tersebut haruslah yang berbahan busa, masih bisa dicuci. Selain menghemat konsumsi Bensin, tarikan motor pun jauh lebih enteng.

Di anjurkan tiap kali servis rutin dilakukan sebaiknya menyetel karburator guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. Jadi akan selalu di dapat efek pengabutan bahan bakar nan sempurna. selain itu, setelan ketinggian pelampung, sekrup udara atau pilot air screw juga sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin. Bila dilakukan tepat, dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk dan tentu berdampak bikin irit konsumsi Bensin.

Penaikan kompresi ini langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah, jadi saat berakselerasi awal, tidak perlu buka gas terlalu dalam, bensin pun jadi irit. Tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus papas head, melainkan cukup mengurangi ketebalan paking atau mengganti pistone berdome tinggi.

Bro and Sist tips di atas akan percuma bila Bro and Sist tidak dibarengi cara berkendara yang benar. Jika kamu masih suka kebut-kebutan, sering memblayer gas saat motor berhenti, sering main selip kopling dan lainnya.

Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas, dijamin konsumsi Bensin motor akan jauh lebih irit. Liputan ini berdasarkan survei dari beberapa tiga bengkel motor yang ada di Tangerang Selatan.

Baca Juga: