POPULAR STORIES

Trik Jitu Melepas Stiker Dari Kendaraan

Trik Jitu Melepas Stiker dari Kendaraan Cara melepas stiker yang menempel (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Pernah kesulitan melepas stiker? Atau hal menjengkelkan seperti kendaraan Anda ditempeli stiker oleh oknum tak dikenal di tempat-tempat wisata. Jika tak benar melepas stiker tersebut, residu yang tertinggal akan sangat menggangu. Lebih parah lagi bisa merusak cat mobil saat stiker dilepas paksa.

Sebenarnya, melepas stiker bukan pekerjaan sulit. Ada beberapa tips aman dan mudah melepas stiker pada kendaraan yang diberikan Roy Hadi, Supervisor AutoSpa Cimone, Tangerang.

Baca Juga: Honda Mencari Desain Stiker untuk Civic Type R

Berikut beberapa cara melepas stiker yang benar agar tidak merusak cat mobil kesayangan Anda.

1. Hair Dryer

Cara pertama, gunakan pengering rambut (hair dryer). Prinsip cara ini adalah memanaskan stiker sehingga lem tidak terlalu kuat menempel pada bodi mobil (lem jadi lembek/ lunak).

Panas pada pengering rambut tidak terlalu panas sehingga cukup untuk melemaskan lem stiker akan tetapi tidak sampai merusak cat mobil.

2. Mentega

Mentega juga bisa digunakan sebagai media ampuh untuk membantu mencopot stiker mobil. “Mentega memiliki reaksi kimiawi dalam melunakkan dan mengurangi daya rekat lem adhesif stiker atau scoutlet,” kata Roy Hadi.

Caranya sangat mudah, yakni basahi permukaan stiker dengan mentega, tunggu hingga beberapa menit agar stiker melunak. Selanjutnya copot stiker secara hati-hati.

3. Sabun atau Sampo

Gunakan sabun atau sampo untuk melepas cutting stiker. Caranya juga tidak begitu sulit tinggal basahi dahulu permukaan stiker kertas yang ingin dilepas dengan air sabun atau sampo. Selanjutnya gosok perlahan menggunakan kain basah sehingga sisa perekat pada stiker tersebut terlepas.

4. Minyak Kayu Putih atau Bensin

Bahan lainnya yang bisa kita gunakan yakni minyak kayu putih atau bensin. Hampir sama dengan mentega, minyak kayu putih atau bensin tinggal oleskan saja ke stiker di mobil.

Tunggu hingga beberapa menit, selanjutnya lepas pelan-pelan nanti lama-lama stiker lepas. Setelah stiker terlepas, bersihkan sisa lemnya dengan lap yang dibasahi minyak kayu putih sampai tak berbekas.