POPULAR STORIES

Ini Yang Membuat Sportbike BMW HP4 Race Begitu Istimewa

Ini yang Membuat Sportbike BMW HP4 Race Begitu Istimewa BMW HP4 Race (BMW Motorrad)

KabarOto.com - Satu mekanik, satu sepeda motor, satu hari, seakan menjadi formula untuk proses produksi sebuah sepeda motor special BMW HP4 Race. Sepeda motor khusus sirkuit tersebut hanya akan diproduksi sebanyak 750 unit di seluruh dunia.

Tidak seperti produk massal lain, yang dalam sehari proses produksinya dapat menghasilkan puluhan bahkan ratusan sepeda motor. BMW HP4 Race ini hanya diproduksi sebanyak 3 unit setiap hari di pabrik BMW Motorrad di Berlin, Jerman.

Tak mengherankan, karena semua proses pembuatannya dilakukan secara manual tanpa menggunakan bantuan robot. Ada tiga orang yang bertanggung jawab atas tugas ini, yakni Reiko Petter, Suleyman Aktepe dan Alexander Fulmek.

Mereka dipilih dari sekitar 500 karyawan produksi yang bekerja pada proses perakitan di Pabrik Motorrad.

Baca Juga: Cuma 1 di Indonesia, Motor BMW HP4 Race Ini Harganya Rp 2,1 Miliar!

Mesin

Saat proses perakitan dimulai, Reiko Petter dengan hati-hati mengangkat mesin 4 tak, 4 silinder segaris berkapasitas 999 cc, dari kotak palet. Mesin tersebut dilengkapi 4 valve berbahan titanium di tiap silindernya, juga dua buah camshaftt yang didesain khusus.

Dengan bore x stroke, 80 mm x 49.7 mm, mesin berpendingin air tersebut sanggup menghasilkan tenaga hingga 215 dk pada putaran mesin 13.900 rpm dan torsi sebesar 120 Nm pada 10.000 rpm. Maksimum putaran mesinnya sendiri di angka 14.500 rpm.

Bila handle gas diputar hingga penuh, HP 4 Race diklaim dapat melaju hingga lebih dari 300 kpj. Sisa gas buang bahan bakar, dibuang melalui knalpot Akrapovic berbahan titanium dengan skema 4-2-1.

Mesin itu dibuat dengan tangan, diuji-coba dan disegel oleh divisi mesin Motorrad. Saat mengencangkan baut berbahan titanium, Reiko terus melirik monitor untuk memastikan torsi pengencangannya secara benar.

“Semuanya harus sempurna. Saya sangat teliti,” kata Reiko. "Kami memperlakukan setiap sepeda motor seolah-olah itu milik kami sendiri, itu harus dibangun dengan baik, terlihat bagus dan berjalan dengan sempurna."