POPULAR STORIES

Dua Motor Matik Lawas Yang Harganya Selangit

Dua Motor Matik Lawas yang Harganya Selangit Honda BeAt keluaran tahun pertama (KabarOto)

KabarOto.com - Dua motor matic, yaitu Honda Beat dan Yamaha Nouvo menjadi sejarah lahirnya skutik di Indonesia, saat ini masih diminati. Harganya pun masih tinggi, banyak pengguna yang memodifikasi Yamaha NOuvo dan Honda Beat ini.

Honda BeAt generasi pertama mengusung basis skuter Honda Icon yang lebih dulu beredar di Thailand. Motor ini memiliki tampilan khas dengan desain spakbor depan ala motor sport dan dibekali mesin 108 cc berpendingin udara.

Pada tahun 2010, AHM melakukan peremajaan dengan memperbesar pijakan kaki untuk pembonceng. Perubahan terjadi pada spakbor, Honda meletakan spakbor depan di bawah segitiga yang sampai saat ini tetap dipertahankan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Beli Motor Chopper Warna Gold

Dan pada tahun 2012 AHM kembali merilis generasi kedua Honda BeAT dengan merubah sistem pembakaran dari karburator menjadi injeksi. Merasa kurang puas akhirnya Honda BeAT kembali mendapat penyempurnaan pada tahun 2014. generasi ketiga itu menggunakan mesin terbaru dengan sistem Enhanced Smart Power (eSP), hingga saat ini.

Harga bekas Honda BeAt produksi tahun 2010 hingga 2014 di banderol dengan harga mulai dari Rp 9 sampai 10 jutaan. Bila melihat pasaran jual beli online, untuk keluaran tahun 2010 ada yang di banderol sebesar Rp 13 jutaan. Cukup fantastis. Honda BeAt keluaran tahun ini menjadi buruan para kolektor dan pencinta motor matik khususnya anak muda.

kabarOto
Yamaha Nouvo

Satu lagi yang menjadi pelopor motor matik di tanah air adalah Yamaha Nouvo. Motor ini matik pertama yang dikeluarkan oleh Yamaha pada tahun 2003. Desain Nouvo merupakan hasil paduan antara skuter dan motor bebek, Bodynya terlihat lebih besar dan kaku. Pengaruh motor bebek sangat kental pada ukuran roda yang cukup besar.

Sementara itu pengaruh skuter terlihat pada pijakan kaki yang terdapat pembatas ditengahnya. Walau begitu Nouvo dibekali dengan mesin 113cc yang cukup digunakan untuk menempuh perjalanan panjang. Sayang pada saat itu peminatnya tidak terlalu banyak, karena modelnya yang bongsor.

Pandangan itu justru berbalik, Yamaha Nouvo banyak diburu kalangan muda terlebih para pencinta modifikasi, harganya pun meroket tajam. Nouvo tahun 2003 orisinil harganya bisa mencapai Rp7 juta. Nouvo yang sudah di modifikasi harganya bisa mencapai Rp 10 juta. Bila dilihat melalui situs jual beli on line, Yamaha Nuovo keluaran tahun 2005-2007 di banderol dengan kisaran harga Rp 7 -sampai dengan Rp 13 juta.