POPULAR STORIES

Instruktur MPM Juarai The 17th Safety Japan Instructors Competition (SJIC) 2016

Instruktur MPM Juarai The 17th Safety Japan Instructors Competition (SJIC) 2016 Setelah ini saya akan menularkan pengetahuan safety riding kepada para instruktur Honda di Indonesia (Foto: Dok MPM)

Melalui perjuangan keras, tim Indonesia yang dikirim PT Astra Honda Motor (AHM) di ajang 'The 17th Safety Japan Instructors Competition (SJIC) 2016' akhirnya berhasil meraih juara. Prestasi membanggakan tersebut dipersembahkan oleh Dimas Satria Kelana Putra instruktur safety riding PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) yang meraih runner up di kelas 125 cc.

Instruktur safety riding dari PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM). Main dealer Honda di Jawa Timur dan NTT ini hanya kalah dari kontestan asal Thailand, Rawat Kaewsaart dari AP Honda Co. Ltd menjadi pemenang di kelas ini dengan poin 2.889,0 sementara Dimas meraih poin 2.498,0.

"Tentunya bangga dapat membawa nama Negara ke tingkat international. Juga mengukur skill secara langsung dari tanah kelahiran safety riding di Jepang. Setelah ini saya akan menularkan pengetahuan safety riding kepada para instruktur Honda di Indonesia. Dan juga untuk konsumen yang langsung merasakan produk motor Honda di seluruh Indonesia," tutup Dimas Instruktur MPM yang asli Surabaya ini.

Di kelas big bike 750 cc, Indonesia diwakili Muhammad Ady Suciptoyang mengendarai Honda NC750, harus puas berada di posisi 5 dari 11 peserta instruktur. Bagi Indonesia yang baru pertama kali pertama turun di kelas big bike, kekalahan itu menjadi pelajaran berharga.  Juara pertama di kategori ini diraih Chanyanut Bootprawat asal Thailand dengan total poin 2.806,0

Untuk kategori kelas 400 cc wakil instruktur dari Vietnam, Nguyen Van Thanh menempati posisi pertama dengan total poin 2.866,0. Wakil Indonesia di kelas ini, I Gusti Agung Budi Dharma ada di posisi ke-5 dengan total poin 1.795,5

Kompetisi ini diikuti oleh total 30 instruktur dari 10 negara yaitu Australia, Cina Taipei, India, Singapora, Thailand, Vietnam, Turki, Indonesia, Jepang dan Malaysia.

Selain tes teori, skill berkendara yang aman juga diuji melalui teknik pengereman (braking) dan teknik menikung pada slalom course dan teknik keseimbangan berkendara di atas papan (narrow plank).

baca juga: