POPULAR STORIES

Jaga Kondisi Tubuh Dengan Vitamin C

Jaga Kondisi Tubuh dengan  Vitamin C Suster indah yang selalu menjaga kesehatan agar terlihat lebih segar dan tidak gampang terserang penyakit . (Foto: KabarOto/AlifSowandono)

Kondisi cuaca yang sering tidak menentu berdampak pada kesehatan. Namun sebagai bikers, hujan badai sekalipun bukanlah halangan. Yups, namanya juga bikers maka hujan adalah risiko, tapi jangan sampai sakit bro! Oleh karenanya perlu menjaga kondisi tubuh dengan berbagai asupan nutrisi.

Hal utama yang patut diwaspadai adalah dehidrasi. Kalau sudah dehidrasi maka tubuh menjadi rentan, sehingga resiko sakit makin besar serta daya konsentrasi menurun. Demikian Joel Daksa Mastana istruktur safety riding Victory motorcycle Indonesia.

"Dalam kondisi ini perlu asupan cairan dengan memperbanyak minum air mineral. Upayakan juga tidak minum air es, karena dapat menurunkan suhu tubuh”, tambah joel.

“Selain minum banyak air mineral, perbanyak asupan makanan dan minuman penunjang yang kaya vitamin C, antioksidan, dan antiseptic”, jelas Indah Yustikarini, perawat kesehatan yang juga seorang model.

Pola hidup sehat harus dijalankan, mencuci tangan tiap kali sesudah beraktifitas riding, tidur yang cukup, dan harus mandi dan ganti pakaian setelah kehujanan. Karena akan menyebabkan tubuh terkapar suhu dingin secara mendadak, sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh menurun virus akan lebih mudah menginfeksi dan menyebar. Air hujan juga membawa gas dan senyawa dari udara yang cenderung bersifat asam, saat gerimis atau hujan yang turun sedikit-sedikit senyawa dan gas asam justru semakin besar.

Itulah mengapa saat terkena gerimis seseorang jadi lebih mudah sakit, jangan terlalu lama membiarkan tubuh dalam keadaan basah atau lembab karena kehujanan. Jika tidak langsung mengganti pakaian, tubuh akan semakin lama berada dalam suhu rendah sehingga daya tahan tubuh semakin menurun.

"Jika sudah terlanjur kehujanan lekas mandi dengan air hingga bersih, dan ganti pakaian dengan yang kering. Hal ini untuk menghindari mengendapnya bakteri dalam tubuh yang bisa menyebabkan banyak penyakit. Segera cuci bersih pakaian yang terkena hujan agar tidak menjadi sarang bakteri dan virus," indah menambahkan.

Adapun minuman sehari-hari yang banyak mengandung zat-zat yang berguna adalah, teh Herbal yang mengandung lebih banyak antioksidan, air lemon hangat yang sangat kaya akan vitamin dan mineral yang bersifat antiseptik untuk membersihkan tubuh dari bakteri, senyawa berbahaya dan radikal bebas, minuman Jahe yang banyak mengandung minyak atsiri yang berguna memperlancar metabolisme tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain ampuh mencegah penyakit, jahe juga bisa mengobati flu dan masuk angin, serta madu, yang jika rutin diminum sesendok makan madu setiap pagi akan menghindarkan dari berbagai penyakit, mencegah infeksi dan peradangan, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Madu juga ampuh mengatasi kelelahan dan stress yang menjadi salah satu penyebab menurunnya daya tahan tubuh.

Baca Juga: