POPULAR STORIES

Jajaran Sportcar Mewah Masuh Daftar Recall Terkait Masalah Airbag Takata

Jajaran Sportcar Mewah Masuh Daftar Recall Terkait Masalah Airbag Takata Permasalahan Airbag Takata hingga saat ini telah menewaskan 16 orang di Amerika Serikat dan Malaysia, serta ratusan lainnya yang juga menderita luka. (Foto: Istimewa)

Recall kendaraan besar-besaran terkait permasalahan mobil yang menggunakan airbag Takata kini semakin melebar, permasalahan pada airbag Takata hingga saat ini telah menjaring puluhan juta mobil dari belasan merek. Kini giliran merek premium dari berbagai supercar masuk dalam daftar penarikan unit untuk dilakukan penggantian komponen.

Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) mengungkap, lebih dari 20 supercar ditarik akibat masalah airbag Takata. Dalam daftar tersebut antara lain Audi, Ferrari, McLaren, Tesla dan banyak mobil baru yang juga terkena dampak penarikan. Namun bagi Tesla dan McLaren ini merupakan recall pertama kalinya terkait isu airbag Takata. NHTSA menyebut, produk Tesla yang di-recall adalah sedan Model S produksi 2012-2016. Sedangkan McLaren me-recall semua unit yang diproduksi sejak 2012.

Sedangkan Ferrari, seluruh lineup model tahun 2016 dan 2017 harus ditarik gara-gara airbag Takata bermasalah, seperti Ferrari F12, F60, FF, dan GTC4Lusso. Dan Audi juga menambah jajaran model kendaraan yang di-recall yaitu sportcar R8 model 2017.

Permasalahan pada airbag Takata kini sudah menjadi isu global. Masalahnya adalah, airbag Takata yang mengembang secara berlebihan atau meledak saat kendaraan mengalami kecelakaan. Ledakan itu disertai dengan lontaran benda logam yang bisa mengenai wajah atau dada pengemudi serta penumpang depan. Kasus ini sudah menewaskan 16 orang di Amerika Serikat dan Malaysia, serta ratusan lainnya menderita luka.


Baca Juga: