POPULAR STORIES

Jakarta Fair Kemayoran 2016 Dikunjungi 5,7 Juta Orang Dengan Transaksi Rp6,1 Triliun

Jakarta Fair Kemayoran 2016 Dikunjungi 5,7 Juta Orang dengan Transaksi Rp6,1 Triliun Hari terakhir Jakarta Fair Kemayoran 2016 juga ditandai pengundian grandprize 3 buah mobil dan pengumuman pemenang undian 35 sepeda motor untuk pengunjung (Foto Dok JFK 2016)

Setelah berlangsung selama 38 hari, akhirnya kemarin, Minggu (17/07) Jakarta Fair Kemayoran 2016 resmi ditutup. Closing ceremony berlangsung di panggung utama Jakarta Fair, dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, dan Ketua Penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran 2016, Prajna Murdaya. Dimeriahkan oleh pesta kembang api spektakuler, inagurasi Miss Jakarta Fair dan penampilan group band Geisha. Seperti apakah pelaksanaan penutupan JFK 2016 itu?

Hari terakhir Jakarta Fair Kemayoran 2016 juga ditandai pengundian grandprize 3 buah mobil dan pengumuman pemenang undian 35 sepeda motor untuk pengunjung yang beruntung. Panitia juga mengumumkan pemenang kontes stand pameran terbaik dan pemenang karnaval terbaik.

Ketua Penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran 2016, Prajna Murdaya, menjelaskan, event ajang arena pameran dan hiburan terbesar di Asia Tenggara ini selama 38 hari penyelenggaraan dikunjungi oleh 5,7 juta orang pengunjung. Hanya saja tidak semuanya berbayar, karena panitia memberlakukan tiket gratis kepada para undangan, TNI/Polri, lansia, anak yatim, dan golongan tidak mampu.
Ditambahkan Prajna, nilai transaksi jual-beli antara pengunjung dengan stand-stand peserta pameran Jakarta Fair tahun ini mencapai angka Rp 6,1 trilyun, dimana transaksi terbesar adalah di sektor otomotif, disusul sektor tekstil & garment, makanan dan minuman, dan multiproduk.

“Angka 6,1 trilyun rupiah ini bukan masuk ke kantong PT JIExpo, ini adalah angka transaksi antara para pedagang dan pembeli di Jakarta Fair, jadi uangnya masuk ke kantong pedagang dan stand-stand pameran yang ada,” kata Prajna Murdaya yang juga Managing Director PT Jakarta International Expo ini.

Realisasi jumlah pengunjung dan nilai transaksi ini melebihi target yang ditetapkan oleh panitia yakni 5 juta pengunjung dan transaksi Rp 5 trilyun. Angka ini juga melebihi realisasi penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran tahun 2015 yang dikunjungi oleh 5,1 juta orang dengan nilai transaksi mencapai Rp 5,9 trilyun.

Jakarta Fair Kemayoran 2016 ini digelar mulai 10 Juni 2016 dan dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, diikuti oleh 2.700 peserta dengan 1.240 stan pameran. Sektor UMKM tahun ini mendapatkan porsi lebih banyak yaitu sekitar 45 persen dari total jumlah peserta.
Jakarta Fair Kemayoran merupakan arena festival dan pameran perdagangan terbesar yang merupakan etalase ajang promosi berbagai produk unggulan. Diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jakarta ke-489.

Penyelenggaraan kali ini merupakan yang ke-49 kalinya sejak pertama diselenggarakan tahun 1968. Event ini secara rutin diadakan setiap tahun tanpa pernah terputus, bahkan saat ini siklus 36 tahun sekali momentum Jakarta Fair berbarengan dengan Bulan Ramadhan dan libur Lebaran, justru mendatangkan peluang tersendiri bagi seluruh pelaku usaha yang terlibat di dalamnya.

Pada saat libur lebaran kemarin, gelaran Jakarta Fair Kemayoran tetap berlangsung buka untuk umum sebagai arena liburan lebaran untuk seluruh anggota keluarga. Animo masyarakat yang datang ke Jakarta Fair Kemayoran saat lebaran tetap tinggi. Di tengah segala aktivitas libur lebaran, seperti melakukan mudik ke kampung halaman, sejumlah pengunjung tetap menyempatkan waktunya untuk berwisata ke Jakarta Fair.

Seperti tahun-tahun sebelumnya Jakarta Fair Kemayoran 2016 diisi berbagai acara hiburan keluarga seperti konser musik terbesar di panggung utama, pesta kembang api spektakuler, karnaval budaya, k-pop dance contest, cosplay contest, dan fun competi¬tion danz base, pertunjukan budaya Betawi, kontes abang-none cilik, kontes kecantikan Miss Jakarta Fair, serta berbagai hiburan menarik di stand-stand pameran.

Pada tahun ini Jakarta Fair Kemayoran juga lebih banyak menyajikan konten wahana permainan. Terdapat beberapa wahana permainan baru yang selalu ramai dikunjungi seperti Wild West, Snow Village, Penjara Setan, Zombie Attack, serta Garden Light Festival.

 

Baca Juga: