POPULAR STORIES

Jeep Cherokee Dibajak Hacker

Jeep Cherokee Dibajak Hacker Screen Capture wired.com

Sebuah laman teknologi asal Amerika bernama wired.com, menampilkan video sebuah mobil Jeep Cherokee yang sedang berjalan di jalan bebas hambatan di St. Louis Missouri, Amerika Serikat yang mengalami beberapa kendala secara tiba-tiba akibat dari perbuatan dua orang Ahli IT Charlie Miller yang saat ini aktif bekerja di Twitter, dan Chris Valasek seorang director of Vehicle safety reaserch, ioactive.

Video ini memang bukan kenyataan, namun sebuah proyek pengetesan yang dilakukan oleh redaksi wired.com yang sedang membahas soal mudah dibajaknya  sebuah mobil yang terkoneksi ke dunia maya seperti mobil Jeep Cherokee berwarna putih yang dijadikan objek percobaan di kendarai langsung oleh salah satu penulis senior wired.com bernama Andy Greenberg.

Dalam percobaan ini, duo ahli IT ini melakukan hal ringan, diawali dengan menyalakan blower AC di mobil, dilanjutkan dengan menampilkan foto mereka di  digital display dashboard yang seharusnya menampilkan informasi GPS dan audio sistem. Setelah itu, para pakar IT tersebut lebih meningkatkan lagi serangan mereka, diawali dengan menyalakan tiba-tiba radio dengan volume keras, menyalakan wiper depan, sampai membuat sistem transmisi di mobil itu tidak bekerja yang hasilnya mobil kehilangan tenaga dan berjalan sangat pelan.

Semua percobaan yang dilakukan oleh wired.com dengan dua orang pakar ahli tersebut ternyata di lakukan dengan cukup  mudah saja, diawali dengan mengetahui IP address mobil yang akan dibajak, mengetahui Vehicle Identification number (VIN) atau di Indonesia disebut dengan nomer mesin dan nomer rangka mesin saja. Pembajakan bisa dilakukan saat mobil yang akan dibajak terhubung ke dunia maya misalkan saat menggunakan GPS,  dalam kasus ini Charlie dan Chris hanya bermodal sebuah smartphone murah yang dijadikan modem Perangkat lunak aplikasi (software) buatan sendiri, serta sebuah macbook biasa. Mau lihat bagaimana aksi pembajakan tersebut, simak Video dibawah ini.

Baca juga: