POPULAR STORIES

Jenis Dan Tips Perawatan Rem Tangan Mobil

Jenis dan Tips Perawatan Rem Tangan Mobil Ketahui jenis rem tangan mobil serta perwatannya. (Foto: nissan.co.id)

Selain rem biasa yang digunakan oleh kaki, ada satu rem lagi yang bisa digunakan pada mobil yaitu rem tangan. Satu hal yang menarik, tidak semua rem tangan menggunakan tangan. Penasaran?

Bila rem biasa digunakan untuk menghentikan laju mobil saat di perjalanan, maka rem tangan biasanya digunakan untuk menjaga mobil diam di tempat saat mobil parkir selama beberapa jam. Tidak aneh jika rem tangan ini disebut juga sebagai rem parkir.

Kegunaan lain dari rem tangan adalah rem darurat. Jadi, bila rem mobil blong, Nissan Lovers tidak perlu panik. Tarik nafas dan ingat, ada rem tangan. Jalanan macet total dan kaki sudah terlalu lelah menginjak pedal rem? Rem tangan bisa dimanfaatkan pada kondisi ini terutama bila terjadi kemacetan di jalanan menanjak.


Berikut kabaroto rangkum dari laman nissan.co.id perihal rem tangan yang terdapat pada mobil serta penggunaannya.

1. Stik
Pada zaman dahulu kala, ketika mobil manual merajai jalanan dan hanya ada segelintir mobil matic, seluruh rem tangan memiliki desain dasar serupa berupa stik. Penempatannya pun sama, di tengah di antara dua kursi paling depan. Untuk menggunakan jenis ini, cukup tarik ke atas maka mobil akan diam selama parkir.

2. Pedal
Desain ini tergolong baru dan digunakan pada Nissan Teana. Untuk mengaktifkannya, injak pedal yang tersedia di dekat kaki. Model ini user-friendly karena memberi tangan kebebasan untuk memegang kendali setir. Namun harap diingat, rem tangan yang diinjak fungsinya sama persis dengan rem tangan tongkat. Jadi, tetap gunakan pedal rem tangan sebagaimana rem tangan pada umumnya.


Perawatan Rem Tangan

Ada kesamaan pada rem tangan dengan rem biasa, yaitu sama-sama penting membutuhkan perawatan. Karena itu, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Apapun Bentuknya, Fungsinya Sama
Perlakukan rem tangan sebagaimana mestinya, yaitu hanya untuk parkir seharian, jalanan macet menanjak, dan rem darurat bila rem biasa blong.

2. Membersihkan dengan Rutin
Bersihkan kotoran di rem tangan, seperti debu dan kerak pada cakram setiap 1000 s/d 2000 km untuk penggunaan normal. Bila tidak yakin Anda mampu membersihkannya, segera bawa ke bengkel resmi Nissan.

3. Batasan Parkir
Selain biaya parkir yang mahal, parkir terlalu lama tidak disarankan. Parkir berhari-hari sambil mengaktifkan rem tangan dapat merusak disc brake, terutama bila mobil melewati genangan air atau parkir di daerah berkelembapan tinggi. Rem tangan maksimal digunakan selama satu hari. Jika lebih dari satu hari, sebaiknya mobil diganjal dengan kayu.


Apapun jenis rem tangannya tetap gunakan sesuai jenisnya dan tentunya diberikan perawatan maksimal, karena rem tangan adalah komponen penting yang membantu menjaga keselamatan Anda selama mengendarai mobil.


Baca Juga: