POPULAR STORIES

Kaki Mobil Anda Bunyi Jedak-jeduk? Periksa Bagian-bagian Ini

Kaki Mobil Anda Bunyi Jedak-jeduk? Periksa Bagian-bagian Ini

Bagi anda yang memiliki mobil yang sudah digunakan lebih dari limaa tahun, biasanya sering terdengar bunyi yang muncul dari kaki-kaki mobil. Bunyi tersebut seperti suara "jedak-jeduk" atau "kretek-kretek" saat melintasi jalan rusak atau sedikit bergelombang. Mungkin anda bingung bagian mana dari kaki tersebut yang mengalami gangguan. Sinar jaya Motor yang berada di Jl. IR H Juanda memberikan cara memeriksa bagian kaki yang mengalami gangguan:

  • Yang anda harus lakukan pertama adalah memeriksa bagian shocbecker. Bagian ini biasanya paling mudah berkurang fungsinya, karena mobil sering digunakan dan melintasi jalan rusak atau bergelombang. Jika fungsi shockbreaker berkurang akan mempengaruhi keseimbangan mobil. Dengan berkurangnya kinerja shockbreaker maka bunyi kemungkinan besar akan muncul. Maka bagian ini yang harus dilakukan pengecekan yang pertama pengecekannya adalah kendarai mobil dijalan yang lurus dengan kecepatan rendah. Bila mobil dirasakan limbung dan tidak seimbang bisa jadi shocbreaker bermasalah.
  • Yang kedua adalah perhatikan Bushing Arm Mobil yang merupakan komponen mobil atau selongsong besi yang disokong karet. Komponen ini memiliki fungsi sebagai titik tumpu antara lengan pencengkeramnya dan bagian roda. Tugas Bushing Arm adalah meredam getaran di bagian sambungan antar komonen suspensi mobil dari logam berat.

Suara berisik atau jedak-jeduk ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada bagian Bushing Arm tersebut. Selain menimbulkan suara Bushing Aerm yang rusak bisa mengurangi kenyamanan saat mengendarai mobil.

Anda bisa mengeceknya dengan mengendarai mobil, bila terdengar suara berisik, dan laju mobil melenceng ke kiri atau ke bagian kanan, sudah bisa dipastikan bahwa suara berisik dan kerusakan tersebut bersumber dari bagian Bushing Arm.