POPULAR STORIES

Karena Alasan Ini, Ducati Bakal Uji Sistem Pengeraman Thumb-Operated Untuk Lorenzo

Karena Alasan Ini, Ducati Bakal Uji Sistem Pengeraman Thumb-Operated Untuk Lorenzo Lorenzo keluhkan sistem pengereman Ducati. (foto: Motorsport)

Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo akan menguji sistem pengereman yang akan dioperasikan menggunakan jempol pada uji coba MotoGP 2017 di Sirkuit Phillip Island, Australia, 15 Februari nanti.

Ducati sedang mengusahakan proses adaptasi Lorenzo dengan tunggangannya berlangsung lebih cepat, lantaran motor Desmosedici GP17 menawarkan gaya mengendarai berbeda dari tim yang sebelumnya dibela pembalap Spanyol itu selama sembilan tahun, Yamaha.

Pada awal pekan kemarin, hari pertama pemanasan di Sirkuit Sepang, Lorenzo terjungkal hingga urutan ke-17, terpaut sekitar 1,6 detik dari rider tercepat. Lorenzo beralasan ia belum mampu adaptasi dengan sistem pengereman Ducati.

"Saya terkejut karena begitu lambat," kata Lorenzo saat itu. "Saya tak menyangka bakal sesulit ini. Masih ada waktu, terutama pengereman. Saya biasa melakukan pengereman lebih awal ketika di Yamaha, maka saya punya masalah pengereman sekarang,"

"Motor ini harus dikendarai dengan cara berbeda dan pada awalnya Anda tak mengerti bagaimana mengatasinya, maka sulit bagi saya untuk berada di antara yang tercepat,"

"Prototipe ini mengharuskan Anda mengerem belakangan dan segera masuk tikungan saat melakukan pengereman. Itu gayanya Dovizioso sekarang dan tentu berbeda dengan milik saya di awal tes," tandasnya.

Maka satu poin penting untuk menguasai Ducati adalah pengereman bagian belakang, satu hal yang tak terlalu berpengaruh di Yamaha. Untuk membuat segalanya lebih mudah bagi Lorenzo, teknisi Ducati akan memberikan alternatif sistem pengereman yang juga pernah digunakan oleh Dovizioso berapa waktu lalu.

"Jorge pada hari kemarin merasa perlu mengganti gaya mengendarainya sedikit, yakni menggunakan rem belakang lebih banyak dari yang sudah dilakukannya selama ini," ungkap bos Ducati, Davide Tardozzi.

"Itu sebabnya dia sudah siap sedia di lintasan dengan kondisi cuaca yang tak menentu, karena dia ingin melanjutkan proses belajarnya."

Pabrikan asal Italia ini nantinya akan memberikan tuas rem belakang yang pengoperasiannya menggunakan jempol dan diposisikan dekat tuas kopling. "Kami ingin dia mencoba hal ini, namun nanti di Australia," tambah Tardozzi.

Ya, Lorenzo selanjutnya akan kembali turun ke lintasan untuk uji coba pra-musim MotoGP 2017 di Sirkuit Phillip Island, Australia, antara 15-17 Februari nanti.(motorsport)