POPULAR STORIES

Kenali Dan Rawat "Belt" Pada Motor Matic Bro And Sist

Kenali dan Rawat "Belt" Pada Motor Matic Bro and Sist Ilustrasi belt yang ada di motor matic Bro and Sist (Foto: Istimewa)

Perawatan pada motor tipe matic memang membutuhkan sedikit lebih banyak dana daripada motor lain. Dengan adanya part atau bagian motor yang beragam, membuat motor tipe matic menjadi lebih intensif soal perawatannya.

Contohnya, part atau bagian motor pada mesin otomatic, disini ada bagian yang bernama belt atau rantai karet. Part ini merupakan part motor tipe matic yang sangat penting, karena menjadi penggerak untuk lajunya sepeda motor.

"Belt itu ialah part yang sangat penting pada motor matic, makanya dibutuhkan perawatan yang rutin, minimal paling tidak dicek tiap 5 ribu kilometer untuk semua bagian CVT, termasuk pada beltnya," terang Bro Dedy, Mekanik dari bengkel DJ Custom.

Belt memiliki sifat yang bisa putus sewaktu-waktu, ini dikarenakan faktor pemakaian dan penggunaan lifetime dari belt itu sendiri yang umumnya rata-rata 15-25 ribu kilometer harus sudah diganti.

"Faktor pengendara juga mempengaruhi umur dari belt, salah satu penyakit yang paling sering dijumpai adalah terlalu menggeber-geber gas pada saat melaju, karena itu bisa membuat umur belt jadi semakin pendek karena makin kerasnya gaya gesek di CVT," pungkas Deddy.

Nah Bro and Sist tentunya tidak mau kan motor kesayangannya menjadi rusak hanya karena faktor pemakaian motor yang tidak benar..? Oleh karena itu amatlah sangat bijak untuk mengendarai motor dengan baik dan benar, dan tentunya janganlah lupa untuk rutin mengecek motor Bro and Sist secara teratur yaa..

Baca Juga: