POPULAR STORIES

Kenali Dan Servis Karet Yang Ada Pada Mobil

Kenali dan Servis Karet Yang Ada Pada Mobil karet mudah getas saat cuaca ekstrim

KabarOto.com - Musim hujan dan matahari yang menyengat secara tiba-tiba, bisa saja merusak dan membuat getas karet mobil secara cepat. Jika sudah rusak, air bisa saja masuk lewat karet yang sudah tak berfungsi dengan baik itu. Yuk kita kenali jenis-jenisnya, karet apa saja yang ada di mobil.

Baca Juga: Hindari Bahaya Saat Musim Hujan, Cek Kendaraan Dulu

Karet Chanel/ Weather Strip

Karet chanel kaca adalah karet yang bertugas mencegah air dan debu masuk melalui celah antara kaca dan frame, memperhalus dan meluruskan gerakan naik dan turun kaca dan yang terakhir meredam getaran kaca saat mobil berjalan, serta menahan bagian atas kaca saat posisi tertutup.

Menurut Sokhimi, Service Advisor dari Daihatsu Astrido Serpong, ciri kerusakan pada komponen ini ditandai dengan suara berderit yang diakibatkan oleh kotoran, debu, & pasir halus yang bersarang. Jika keadaan tersebut dibiarkan dalam jangka waktu lama dalam kondisi hujan serta panas, maka karet akan mengeras dan rusak.

“Khusus untuk karet chanel, perawatan dapat dibersihkan dengan semprotan angin bertekanan tinggi untuk merontokkan debu dan kotoran di sela-selanya, namun jika sudah rusak, harganya adalah Rp 77 ribu untuk All New Xenia,” pungkasnya.