POPULAR STORIES

Kenali Fungsi Bar-end Atau Jalu Setang Pada Motor

Kenali Fungsi Bar-end atau Jalu setang Pada Motor Bar-end atau Jalu setang (foto : 1000rr.net)

Sebagian dari kita mungkin banyak yang tidak menyadari dan mengetahui komponen di sepeda motor yang satu ini. komponen penting yang terletak di stang motor ini tidak terlalu di indahkan oleh pengguna roda dua. Namanya Bar-end atau banyak yang menyebutnya jalu setang. Terkadang komponen ini luput dari perhatian para pemilik roda dua, terlebih lagi apa fungsi dan perannya di sepeda motor.

Bar-end atau jalu stang, ternyata berfungsi sebagai penyeimbang untuk memberikan kestabilan pada saat sepeda motor dikendarai. Terutama jika pada saat motor mengalami getaran, maka Bar-end memainkan perannya sebagai penstabil di setang motor. "Bar-end atau jalu setang itu berfungsi sebagai penyeimbang di kendali (stang) sepeda motor. Jika tidak ada Bar-end atau jalu stang, maka motor yang kita kendarai akan terasa oleng kekiri atau kekanan," terang Bro erwin, mekanik bengkel Eprotek Motor di Jakarta Timur.

Sangat di anjurkan untuk jangan pernah melepas sebelah atau satu dari sepasang komponen ini. Jika dilepas satu saja dapat menyebabkan kendali motor tidak stabil, atau oleng pada saat berkendara, tambah Erwin. Nah Bro n Sist bisa kebayangkan fungsi pentingnya dari komponen yang kecil ini. Jadi jangan pernah menyepelekan komponen sekecil apapun yang terpasang pada sepeda motor.

Baca juga: