POPULAR STORIES

Kenali Jenis Bahan Bakar Minyak Untuk Kendaraan Anda

Kenali Jenis Bahan Bakar Minyak Untuk Kendaraan Anda Kenali jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk kendaraan bermotor anda (Foto: Bimo)

Jika bro and sis bingung menentukan bahan bakar minyak (BBM) untuk mobil atau motor, tentunya harus mengenali jenis mesinnya dan juga harus mengetahui oktan yang terkandung pada bhan bakar minyak.

bahan bakar minyak (BBM) memiliki beragam jenis dan takaran oktan yang berbeda-beda. Oktan yang tinggi tentu memiliki kualitas yang bagus untuk mesin kendaraan anda. Oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Karena itulah semakin tinggi oktan maka akan semakin bagus kualitasnya.

Pertamax plus adalah jenis bahan bakar minyak dengan tingkat oktan yang paling tinggi. setelah itu pertamax, pertalite dan yang paling rendah premium.

Untuk mendapat performa mesin yang optimal, sebaiknya pilih bahan bakar sesuai dengan kompresi mesin kendaraan. Setiap tipe kendaraan mempunyai rasio kompresi mesin berbeda-beda. Perbandingan rasio kompresi ini mempengaruhi pemilihan penggunaan bahan bakar yang tepat bagi kendaraan.

Sebaiknya, bro and sis jangan asal pilih bahan bakar, sesuaikan dengan rasio kompresi mesin. Untuk mengetahui rasio kompresi mesin, bisa dilihat pada spesifikasi kendaraan yang anda miliki. Sebagai patokan, simak daftar kadar oktan bahan bakar yang sesuai dengan rasio kompresi mesin berikut ini.

Rasio kompresi 7 sampai 9:1 menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan 88
sampai
Rasio kompresi 9 sampai 10:1 menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan 92

Rasio kompresi 10 sampai 11:1 menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan 95

Rasio kompresi 13,1:1 menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan 102

Rasio kompresi 14,1:1 menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan 107

Khusus kendaraan motor dan mobil yang diproduksi tahun 90an, kebanyakan masih menggunakan rasio kompresi 9,5. Namun, untuk tahun 2014 ke atas, sudah banyak kendaraan yang menggunakan rasio kompresi 10 sampai 11. Nah untuk kendaraan kelas premium dan diproduksi tahun 2015 keatas biasanya rasio kompresi di atas 12,5 atau lebih tinggi.

Nah info yang kabaroto berikan hasil sharing dari Endang, mekanik di bengkel Petoy Motor dan Daihatsu bisa menjadi acuan bagi bro and sis memilih dengan baik bahan bakar minyak agar performa mesin bisa lebih baik lagi.

Baca Juga: