POPULAR STORIES

Kenali Jenis Mobil Dan Letak Mesinnya

Kenali Jenis Mobil dan Letak Mesinnya Dilihat dari sistem pemindahan tenaga mobil dapat dikelompokan ke dalam beberapa tipe (Foto: Istimewa)

Kendaraan merupakan suatu alat yang berfungsi untuk memenuhi setiap kebutuhan manusia seperti untuk berjalan-jalan, menempuh perjalanan, pergi ke kantor dan lain sebagainya. Namun, tahukan Anda Sebuah kendaraan dapat bergerak dan berjalan karena adanya suatu sistem yang memindahkan momen atau gerak putar dari mesin ke roda-roda.

Dilihat dari sistem pemindahan tenaga mobil dapat dikelompokan ke dalam beberapa tipe diantaranya adalah,

1. FF (Front Engine Front wheelDrive)
Tipe kendaraan ini memiliki mesin mobil yang berda di bagian paling depan dan menggerakan roda depan. Dimana pemindah tenaganya meliputi, kopling (clutch), Transmisi (transmision), Differentian (gardan), front axle dan wheel (roda-roda) Contoh kendaraan dengan tipe tersebut yaitu : Honda Civic, Honda Jazz, Toyota corolla dan masih banyak lagi. Kendaraan ini dianggap lebih ungul dibandingkan dengan tipe yang terdahulunya yaitu FR (Front Engine Rear Wheel Drive)

2. RR (Rear Engine Rear Wheel Drive)
Tipe kendaraan ini memiliki mesin yang berada di bagian belakang dan menggeralkan roda belakang dimana pemindah tenaganya meliputi: kopling, transmisi, gardan, rear axle dan roda (wheel). Contoh kendaraan dengan tipe tersebut yakni: Volkswagen Bug/Beetle (VW Type 1), Porsche 911, Porsche 356

3. FR (Front Engine Rear Wheel Drive)
Tipe kendaraan ini mempunyai mesin yang terletak dibagian depan dan menggerakan roda belakang. Dimana pemindahan Tenaanya meliputi ; kopling(clutch), transmisi(transmission), drive shaft/ propeller shaft,differential, rear axle dan roda(wheel) Contoh kendaraan dengan tipe tersebut yakni: Nissan SX series, Nissan Silvia

4. 4WD (4 Wheel Drive)
Seperti yang dikutip dari sipptracker.com, pada kendaraan ini dianggap lebih istimewa karena mesinnya dapat menggerakan roda depan dan juga roda belakang sekaligus. Dimana komponen yang menggerakannya meliputi : opling(clutch), transmisi (transmission), transfer, daterbagi menjadi dua. Pertama ke front drive shaft (frontpropeller shaft), front differential, front axle dan rodadepan (front wheel), sedangkan yang kedua ke rear9 drive shaft, rear differential, rear axle dan roda belakang (rear wheel).

Contoh kendaraan dengan tipe tersebut yakni: Subaru Impreza, Nissan Skyline seri yang GTR, Nissan GTR, Itulah Jenis-jenis mobil yang dikelompokan berdasarkan letak mesinnya, semoga bermanfaat. Aamiin.

Baca Juga: