POPULAR STORIES

Kenapa Ban Cepat Gundul? Tengok Penyebabnya

Kenapa Ban Cepat Gundul? Tengok Penyebabnya Kenapa ban cepat gundul? Ini alasannya diantaranya menggeber gas dengan ugal-ugalan (Foto: fdrtiire)

Seringnya pemakaian motor yang dipergunakan oleh Bro and Sist membuat ban akan cepat gundul secara perlahan. Padahal ban tersebut baru saja dibeli beberapa bulan lalu. Nah, kenapa bisa cepat gundul ya? Nih penyebabnya.

Ada empat faktor yang menyebabkan ban cepat gundul yang berhasil dirangkum dari situs fdrtire.com. Pertama, tekanan angin. Jika tekanan angin pada ban motor yang dipergunakan oleh Bro and Sist kurang akan berakibat permukaan tapak ban yang bersentuhan langsung dengan jalan atau aspal menjadi lebih besar. Dampaknya menjadikan ban cepet aus atau gundul.

Kedua, klebihan beban. Pada dinding ban tertulis beban maksimun yang dapat ditanggung oleh ban itu sendiri. Karena gesekan antara ban dan permukaan jalan lebih besar jika beban motor melebihi batas maksimum yang berakibat ban motor Bro and Sist cepat gundul. Coba diingat-ingat apakah Bro and Sist sering membawa beban yang berat? Bila ini pilihannya sebaiknya gunakan pilihan ban dengan load index yang lebih besar.

Selanjutnya faktor yang menentukan adalah gaya mengemudi yang sedikit ugal ugalan. Gaya mengemudi yang seenaknya mainin gas dan rem secara ekstrim juga merupakan penyebab ban roda dua cepat gundul alias aus. Akselerasi serta pengereman yang mendadak dapat membuat ban bergesekan dengan keras.

Empat, jenis kompon ban. Ada beberapa jenis kompon pada ban. Untuk ban harian bisanya menggunakan kompon reguler yang lebih keras dibandingkan dengan ban balap yang menggunakan kompon lunak atau soft. Walaupun begitu, tak sedikit pengendara motor yang memilih ban balap untuk digunakan sehari-hari. Tentu saja ban ini akan lebih cepat aus dibanding ban harian namun, gripnya lebih baik.

Baca Juga: