POPULAR STORIES

Kenapa Knalpot Motor 4 Tak Ngebul? Ini Penyebabnya

Kenapa Knalpot Motor 4 Tak Ngebul? Ini Penyebabnya Ilustrasi: Knalpot motor 4 tak keluar asap (Foto: Istimewa)

Jika Bro and Sist melihat knalpot motor 2 tak keluar asap alias ngebul itu wajar. Karena di motor 2 tak ada oli samping yang ikut terbakar di ruang pembakaran. Tapi bagaimana jika knalpot motor 4 tak Bro and Sist yang ngebul? Berarti ada masalah di roda dua Anda itu.

Di sini ada dua penyebabnya, apa itu? Berdasarkan tulisan yang dirangkum dari welovehonda.com, pertama, penyebabnya adalah bensin. Kenapa dengan bensin. Pasalnya, terlalu boros bahan bakar tersebut. Cirinya dari warna asap yang keluar dari knalpot yaitu hitam atau kelabu pekat. Bro and Sist, bila roda dua Anda ini masih karburator, Anda bisa menyetel ulang karburator tersebut. Lalu, bagaimanakah dengan motor injeksi? Kemungkinan settingan sensor 02 berubah. Lebih baik bawa motor injeksi Bro and Sist ke bengkel resmi supaya di setel ulang sistem injeksinya.

Kedua, karena adanya oli yang terbakar di ruang pembakaran. Cirinya keluar butiran-butiran asap warna putih di knalpot Anda. Untuk motor 4 tak, oli tak boleh masuk ke ruang bakar. Jika ada oli mesin yang rembes ke ruang pembakaran bisa jadi ada dua alasan yaitu karena oil-up atau oil-down.

Oil-Up alias oli naik jika keadaan ring pistonnya sudah lemah. Selain itu bisa juga karena liner silinder yang sudah baret sehingga oli bisa merembes ke ruang bakar. Cara mengatasinya adalah harus di server besar di bengkel.

Lalu kalau Oil-Down adalah keadaan oli yang turun dari head blok silinder ke ruang bakar. Biasanya sih ini terjadi karena kondisi seal klep yang sudah jebol atau ada rembesan di paking head silinder. Biasanya kalau Oil-Down ngebulnya lebih parah nih. Jadi mirip semprotan nyamuk demam berdarah.

Jangan anggap remeh masalah yang satu ini. Akibatnya sudah sangat jelas adalah cepat habisnya oli mesin. Jika oli habis dan tidak ketahuan akibatnya bisa sangat fatal terhadap mesin secara keseluruhan.

Jika diakibatkan oleh ausnya dinding silinder atau piston, sudah jelas motor akan kehilangan tenaga. Ruang bakar akan cepat dipenuhi oleh kerak yang menebal, akibatnya ruang bakar menjadi sempit dan pembakaran menjadi tidak sempurna. Hal ini juga akan sangat berpengaruh terhadap performa mesin. Semoga bermanfaat Bro and Sist.

Baca Juga: