POPULAR STORIES

Kendaraan Dengan BBG Bisa Hemat Biaya Transportasi Rp 3 Juta Per Bulan

Kendaraan dengan BBG Bisa Hemat Biaya Transportasi Rp 3 Juta per Bulan Pemakaian BBG hemat biaya transportasi (foto istimewa)

Bro n sist yang ingin mengetahui manfaat dari penggunaan bahan bakar gas (BBG) untuk menggantikan BBM, bisa mencoba alat konverter kit yang akan disediakan gratis oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Alat konverter kit ini bisa digunakan untuk semua jenis kendaraan. Satu unit konverter kit senilai Rp 23 juta akan digratiskan kepada masyarakat yang ingin beralih menggunakan bahan bakar gas. Tahun ini sebanyak 5000 konverter kit disiapkan untuk program konversi bahan bakar minyak ke bahan bakar gas.

Penggunaan BBG ini menurut Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar bisa menghemat biaya transportasi hingga Rp 3 juta per bulan. Penggunaan BBG selain lebih murah juga ramah lingkungan. Dengan asumsi kendaraan melakukan perjalanan 150 km per hari menggunakan BBG bisa menghemat pengeluaran pengendara hingga Rp 3 juta per bulannya, dibandingkan jika masih menggunakan BBM. Sehingga jika harga konverter kit Rp 23 juta, kurang dari 9 bulan pengendara sudah bisa balik modal.

Konversi BBM ke BBG akan diprioritaskan untuk kendaraan pribadi, transportasi umum dan transportasi milik instansi pemerintah. BBG juga aman karena tabung dan konverter kit telah mempunyai standar keselamatan international, serta terdapat safety valve dan selenoid valve yang bekerja secara elektrik dan mekanis. Kendaraan yang menggunakan BBG hanya memerlukan perawatan khusus dengan cek berkala system Hose, yaitu perawatan berkala setiap 6 bulan untuk pemeriksaan jalur gas, dan pengantian filter gas setiap 25,000 km/1 tahun.

Berita Terkait

Berita Terkait