POPULAR STORIES

Keputusan Final Fairing Yang Digunakan Pada MotoGP 2018

Keputusan Final Fairing yang Digunakan pada MotoGP 2018 Fairing atau winglet yang digunakan dalam MotoGP (istimewa)

KabarOto.com - Penggunaan fairing dalam ajang balap motor bergengsi, MotoGP, sempat menimbulkan pro kontra, beberapa waktu lalu. Namun, diputuskan aturan penggunaan fairing tetap sama alias tak berubah.

Danny Aldrige, Direktur Teknis MotoGP memutuskan regulasi penggunaan fairing MotoGP 2018 tentang penggunaan fairing modern untuk downforce, sama seperti musim lalu.

"Aturan dan panduan tentang fairing tetap sama, tidak ada perubahan, stabil, konsisten, dan saya pikir, Anda akan melihat fairing akan bergerak menuju bentuk yang optimal," kata Danny.

Baca Juga: Tiga Pebalap Muda Ini Masuk Radar Ducati

Pro kontra regulasi penggunaan fairing sempat mencuat pada ajang balap bergengsi MotoGP tahun lalu. Seperti yang terjadi pada Ducati saat mereka dilarang menggunakan winglet pada motor balapnya karena dianggap membahayakan.

kabarOto
Penggunaan Fairing dalam MotoGP

Penggunaan fairing oleh Yamaha saat tes di Valencia musim 2017, terlihat sama dengan yang digunakan Ducati dan mendapat izin. Hal itu mengundang protes dari pihak Ducati kepada penyelenggara.

"Itu hal sulit untuk dicoba dan diregulasikan, dan saya paham dengan opini banyak orang, yang berkata itu adalah winglet (yang ilegal)," lanjut Danny.

Desain fairing untuk MotoGP akan selalu ada pro kontra, namun MotoGP berusaha mencari solusi untuk hal ini.

"Kami sudah mencoba memberi kebebasan kepada mekanik untuk bekerja dan di sana tetap saja ada pro dan kontra," ungkap Danny.

Tidak ada batasan dalam pergantian ukuran maupun bentuk dalam winglet internal (yang menyatu di dalam bodi). Aturan fairing ini sebenarnya hanya berlaku dalam bentuk eksternal bodi saja.

Berita Terkait

Berita Terkait