POPULAR STORIES

Keren! Husqvarna Tampilkan Motor Trail 2-Tak Berteknologi Injeksi

Keren! Husqvarna Tampilkan Motor Trail 2-Tak Berteknologi Injeksi Husqvarna TE 300i (KO/Edo)

KabarOto.com - Mesin 2 tak sempat populer digunakan di roda dua pada era 80-90-an. Kala itu, banyak sepeda motor yang dipasarkan menganut teknologi 2 tak. Alasannya, mesin 2 Tak terkenal mudah perawatan dan akselerasinya lebih spontan dibandingkan motor 4 tak.

Sayangnya, kadar emisi yang dikeluarkan motor 2 tak dinilai tidak bersahabat dengan lingkungan. Hal ini dikarenakan sistem pembakarannya menggunakan oli samping, yang menyebabkan gas buang mesin 2 tak menjadi berasap dan tidak ramah lingkungan.

Baca Juga: Ini Perbedaan Husqvarna Svartpilen 401 dan Vitpilen 401

Oleh sebab itu, saat ini sudah jarang produsen motor dunia, yang masih menggunakan dan mengembangkan lagi mesin jenis ini.

Namun, tidak begitu dengan Husqvarna, karena produsen sepeda motor asal Swedia, yang dikenal dengan model motocrossnya tersebut, malah makin percaya diri memperkenalkan mesin 2 tak berteknologi injeksi yang diklaim ramah lingkungan, irit bahan bakar dan tidak menimbulkan suara bising.

Saat gelaran IIMS 2018 kali ini, Husqvarna menampilkan sepeda motor, berjenis enduro, yakni Husqvarna TE250i dan Husqvarna TE300i.

Teknologi mesin kedua sepeda motor itu sama dengan yang digunakan KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI. Bisa dipahami, karena kepemilikan Husqvarna sudah diambil alih KTM beberapa waktu lalu.

Mesin 2 tak yang diperuntukkan trail Husqvarna TE 250i dan Husqvarna TE 300i ini menggunakan teknologi TPI (Transfer Port Injection) yang diklaim oleh KTM power delivery jadi lebih bagus, konsumsi bensin lebih irit, dan tak perlu jetting saat di beda ketinggian.

Sistem injeksi elektronik pada mesin 2-tak ini, menggunakan dua injektor yang mengarah ke ruang bakar. Klaimnya, mesin akan mampu mengirimkan jumlah yang presisi bahan bakar yang dibutuhkan, meski motor berada dalam berbagai kondisi.

Transfer Port Injection (Husqvarna)

Husqvarna menyatakan,selain efektif mengurangi konsumsi bahan bakar sistem ini juga ampuh dalam mengurangi kadar emisi. Seperti motor 2 tak pada umumnya yang menggunakan oli samping, di Husqvarna TE 250i maupun TE 350i olinya disimpan terpisah pada tangki khusus 0,7 liter, dan percampuran akan diatur sepenuhnya oleh EMS.

Komputer akan mengatur waktu pengapian, suplai bahan bakar dan seberapa banyak oli samping yang dibutuhkan, untuk menghindari terbuang percuma dan menimbulkan asap yang tak diperlukan. Menariknya lagi, mesin ini juga sudah memperoleh sertifikat emisi Euro 4 loh. Keren!