POPULAR STORIES

Berikut Keunggulan Yamaha MT-25

Berikut Keunggulan Yamaha MT-25 Varian warna Yamaha MT 25 warna biru silver (foto: Yamaha Indonesia)

Test Ride- Yamaha Indonesia secara resmi memperlihatkan perdana kepada dunia, MT-25 “Ini Jalan Penguasa” yang meluncur di area Epicentrum Kuningan Jakarta Selatan, Sabtu 6 Juni 2015.

”Hari bersejarah di jalur otomotif roda dua dunia ini menghadirkan produk ke-4 dari MT Series setelah munculnya MT-09 dan MT-07 di tahun 2013 dan MT-125 di 2014. Sebagai pemanasan, sepekan sebelumnya Yamaha mendatangkan MT-09 edisi 2015 ke Tanah Air. Tak menunggu lama, bagian dari keluarga baru MT Series yakni MT-25 diperkenalkan. Ini bagian dari NakedVolution, revolusi baru Yamaha di kategori motor sport bagi para bikers’ sebagai penguasa jalanan,” papar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Yamaha mengklaim bahwa MT-25 mempunyai tiga keunggulan buat konsumen. Desain pure street naked bike, maneuverability aggressive handling dan high performance engine. Jiwa street naked bike MT-25 kuat terbentuk pada desain bodinya yang kekar dengan karakter MT Series, bodi bagian depan lebih berisi dan bodi belakang compact memperkuat kesan naked bike. Karakter MT Series lainnya yang melekat pada MT-25 ada pada desain lampu depan Halogen H4 12V 60/55 yang terang dan lampu posisi LED sebagai identitas MT-25.

Pengendara pun tampak lebih macho dengan desain tank cover dan desain air shroud MT style menjadikan MT 25 lebih kekar. Desain lekukan cover tangki menunjang performa ketika berkendara dan posisi duduk lebih nyaman. Kestabilan didapatkan dari rangka tipe diamond dengan optimum rigidity balance, mesin adalah bagian dari rangka sehingga membuat ramping dan kompak dilengkapi rubber engine mount pada frame dan damper pada handle untuk minim vibrasi di handle, Daya cengkeram ke jalan maksimal karena ban tubeless tapak lebar dan desain velg palang sepuluh bahan alumunium alloy.

Handling dan manuver agresif MT-25 didukung stang lebar, posisi stang mendekati pengendara dan lebih tinggi sehingga posisi berkendara lebih tegak menjadikan motor mudah dikendalikan dan lincah bermanuver. Kelincahan manuver dan mudahnya dikendalikan juga karena bobotnya 165 kg, paling ringan di kelasnya. Suspensinya juga terbesar di kelasnya dan dilengkapi protektor, suspensi belakang monocross tipe twin tube dan lengan ayun asymmetric sehingga berkendara lebih stabil. Double disc brake dan adopsi floating front disc brake untuk mengoptimalkan pengereman.

Nilai lebih keunggulan MT-25 juga dengan mesin performa tinggi 250 cc dengan adopsi 2 cylinder, DOHC, 8 katup, fuel injection menghasilkan tenaga besar dan akselerasi responsive. Disempurnakan teknologi balap Yamaha yaitu DiAsil Cylinder & Forged Piston. Radiatornya memiliki dimensi besar membuat suhu mesin stabil sehingga performa mesin optimal. Tenaga mesin didistribusikan dengan sistem perpindahan gigi transmisi 6 percepatan dan knalpot compact dengan desainnya sporty, dilengkapi O2 sensor dan catalytic converter yang menghasilkan gas buang ramah lingkungan.

MT-25 dilengkapi dengan fitur speedometer yang lengkap yaitu shift timing light, gear position, clock, odometer, analog meter, trip meter, fuel trip meter, instant fuel economy, average fuel economy, oil change indicator, oil pressure, temperature meter, neutral indicator, engine trouble warning light dan self diagnosis.

MT-25 punya tiga warna Black Strike, Silver Blue, Red Rage dan dibandrol dengan harga Rp. 46.000.000. (als)

Baca Juga:


Spesifikasi MT-25

Dimensi

P x L x T : 2.090 mm x 745 mm x 1.035 mm

Jarak sumbu roda : 1.380 mm

Jarak terendah ke tanah : 160 mm

Tinggi tempat duduk : 780 mm

Berat Isi : 165 Kg

Kapasitas tangki besin : 14 L

Mesin

Tipe mesin : 4 langkah berpendingin cairan, DOHC

Jumlah/posisi silinder : 2 silinder/tegak

Diameter x Langkah : 60,0 x 44,1 mm

Perbandingan kompresi : 11,6 : 1

Daya maksimum : 26,5 kW/12.000 rpm

Torsi maksimum : 22,6 Nm/10.000 rpm

Sistem starter : elektrik starter

Sistem pelumasan : basah

Kapasitas oli mesin : total = 2,40L : berkala = 1,80L ; ganti filter oli = 2,10L

Sistem bahan bakar : Fuel Injection

Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat

Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5-6

Rangka

Tipe rangka : diamond

Suspensi depan : teleskopik

Suspensi belakang : swing arm

Ban depan : 110/70-17M/C (54S)

Ban belakang : 140/70-17 M/C (66S)

Rem depan : single disc brake

Rem belakang : single disc brake

 Kelistrikan

Sistem pengapian : TCl

Battery : GTZ8V

Tipe busi : NGK/CR9E