POPULAR STORIES

KIA Cee'd Lakukan Bedah Kecantikan

KIA Cee'd Lakukan Bedah Kecantikan KIA Cee'd yang melakukan bedah kecantikan (Foto-foto: kia.synapticdigital)

KIA Cee'd telah mengubah eksterior dan interiornya, yang melakukan bedah kecantikan. Begitujuga dengan mesin dan transmisinya yang juga memiliki pembaharuan.

Jumat (26/6), kemarin di Seoul KIA telah mengumumkan detail ubahan pada salah satu model terpopulernya, KIA Cee'd, termasuk ubahan pada eksterior dan interior model Cee'd yang lama. Mesin dan transmisi juga memiliki ubahan serta tambahan pilihan mesin 3 silinder 1000cc T-GDI.

Sisi keamanan, kenyamanan dan kepraktisan mobil juga tak luput dari sentuhan KIA dan kini memiliki pilihan model hatchback, Sportswagon dan model 3 pintu, Pro Cee'd. Tambahan dari ubahan tersebut, Cee'd kini juga memiliki varian 'GT Line' baru untuk calon pembeli yang menginginkan mobil yang lebih sporty dari model Cee'd dasar dan juga terdapat pada 3 pilihan model body hatcback 5 pintu, Sportswagon dan Pro Cee'd hatchback 3 pintu.

Nah, di sisi eksterior, ubahan terlihat pada bentuk bemper yang lebih lebar dan sudut lekukan yang besar. Aksen krom pada area sekitar lampu kabut dan pola oval pada grille yang baru. Di bagian belakang juga terlihat ubahan pada bemper, lampu LED yang baru serta desain velg 16 dan 17 inci yang baru. Di sisi interior, dasbor asimetris mobil ini dilengkapi dengan warna hitam glossy pada panel konsol tengah dan sentuhan krom pada panel instrumen, bingkai ventilasi (AC). Begitujuga dengan tuas transmisi, tuas pintu dan panel AC,tergantung pada model trim. Selanjutnya, KIA Cee'd 2016 juga akan memiliki interior baru berwarna coklat untuk memberikan nuansa mewah.

Pada unit diesel, upgrade interior juga meliputi penggunaan materi peredam kabin yang baru untuk karpet dan sistem ventilasi dan busa anti getar pada panel dashboard untuk mengurangi efek getaran mesin diesel. Untuk pasar eropa, KIA Cee'd kini dilengkapi dengan pilihan mesin 1.0 T-GDI (Turbo-Gasoline Direct Injection) 3 silinder yang sesuai dengan standar emisi Euro 6 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 120ps dan torsi maksimal 172 Nm. Pada mesin 1.6 CRDi juga tak luput dari pengembangan performa dengan menggunakan sistem injeksi dan pompa oli variabel yang baru untuk mengurangi gesekan pada bagian dalam mesin juga tenaga mesin yang meningkat menjadi 136 ps (sebelumnya 128 ps), dan torsi sebesar 285 Nm (sebelumnya 265 Nm). Mesin 1.6 CRDi dengan tenaga 128ps dan mesin bensin 1.400cc serta mesin diesel 1.4 CRDi juga tetap dijual dan juga telah memenuhi standar emisi Euro 6.

Pada KIA Cee'd baru ini, bagian transmisi juga tak luput dari ubahan dengan menggunakan transmisi double-clutch 7 percepatan untuk mesin 1.6 CRDi dan 1.0 T-GDI. Sedangkan pada varian mesin diesel 1.6 yang lama dilengkapi dengan transmisi double-clutch 6 percepatan.

Seperti yang dikutip dari kia.synapticdigital, ubahan lainnya juga terdapat pada sasis dan suspensi, serta fitur keamanan opsional baru seperti Speed Limit Information Function (SLIF), yang menunjukkan batas kecepatan aman pada MID dan layar navigasi, Blind Spot Detection (BSD) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang menggunakan sensor di bagian belakang mobil untuk mendeteksi kendaraan lain di bagian samping dan belakang dengan petunjuk visual dan suara.

Untuk versi GT, KIA Cee'd GT dan Pro-Cee'd GT dilengkapi dengan pernik seperti lampu DRL dengan motif ‘ice-cube’, desain pelek 18 inci yang baru, bentuk setir baru dengan logo GT, tombol start/stop engine dari bahan alumunium dan kursi 'bucket' dari RECARO. Mesin 6 T-GDI untuk Cee'd GT dan Pro Cee'd GT juga memiliki sistem turbocharger yang baru, menambah tenaga menjadi 204ps dan torsi 265Nm serta diameter rem cakram depan yang diperbesar menjadi 320mm.

Seluruh model KIA Cee'd 2016 ini akan mulai dijual di Eropa pada bulan Juli 2015 mendatang dan juga tetap memiliki jaminan 7 tahun, 150.000 kilometer. Nah, bagaimana dengan di Negeri Tercinta ini, kapan KIA Cee'd akan mendarat? 

Baca Juga: