POPULAR STORIES

Kisah Porsche 911 Yang Ikonik

Kisah Porsche 911 yang Ikonik Porsche 911 (Carscoops)

KabarOto.com - Selama lima dekade, Porsche 911 dipandang sebagai mobil sport paling ikonik dan inti dari merek Porsche yang diproduksi anak usaha Volkswagen tersebut. Lebih dari 820.000 unit 911 telah diproduksi di Stuttgart-Zuffenhausen, Jerman, sejak peluncuran perdana tahun 1963.

Dikutip thehindubusinessline, Senin (1/1/2018) menyebutkan, tidak ada mobil sport lain di dunia yang pernah diterima dengan baik oleh penggemar mobil dan memenangkan begitu banyak balapan.

Saat ini Porsche telah membawa mobil sport ikonik ini ke masa depan dengan generasi ketujuh dari 911 yang secara internal Porsche disebut 911.

Tapi bagaimana moniker dari tiga angka tersebut menjadi pilihan Porsche?

Itu terjadi saat Porsche bekerjasama dengan Volkswagen dan menggunakan onderdril mereka pada saat menciptakan Porsche baru. Porsche baru ini merupakan produksi ke-900 dari jumlah mobil yang pernah dibuat oleh VW saat kerjasama dengan Porsche.

Karena angka 900 belum ada yang menggunakan di Wolfsburg (Markas VW), para petinggi Porsche memilih 901 untuk versi mesin enam silinder dan 902 untuk mesin silinder berikutnya.

Pada 12 Sptember 1963 Porsche mempresentasikan prototipe dari 901 di International Motor Show (IIA) di Frankfurt, Jerman. Namun pekerjaan Porsche belum selesai bila mobil ini masuk ke jalur produksi massal. Butuh setahun Porsche untuk menyempurnakan prototipe tersebut sehingga siap diproduksi.

Baca Juga:

Namun, September 1964, Porsche 901 dipresentasikan di Paris Motor Show terjadi masalah yang tidak diduga oleh Porsche. Sebuah perusahaan produsen mobil Prancis Peugeot mengklaim bahwa pengunaan angka pada tipe 901 telah melanggar undang-undang perlindungan merek dagang Prancis.

Hal ini membuat manajemen Porsche bingung karena nama model yang didasari pada nomor desain yang relevan telah diteliti secara ketat oleh departemen pengembangan, begitu juga tipe untuk 901.

Hanya ada satu produsen truk di Jerman yang menggunakan nama 901 dan itu tidak menjadi masalah oleh Porsche. Namun Peugeot berserikeras terhadap klaimnya dengan mengatakan bahwa mereka sudah menggunakan angka tiga digit dengan angka nol di tengahnya sejak 1929 dan mereka memiliki hak hukum untuk itu semua di seluruh Prancis.

Akhrinya Porsche tidak mempunyai pilihan selain mengganti nama 901 pada saat peluncuran model tersebut. Pada 22 November 1964 setelah mempertimbangkan berbagai pilihan termasuk menggunakan "GT", Ferdinand (Ferry) Porsche memutuskan untuk mengganti nama kendaraan dalam keadaan darurat menjadi "Type 911".

Keputusan itu berdasarkan pertimbangan darurat, karena brosur, daftar harga dan manual serta nomor tipe di belakang mobil sudah selesai dibuat, maka menggunakan jenis huruf yang sudah dibuat untuk nomor "1" dua kali adalah solusi paling sederhana karena tidak ada waktu yang cukup untuk membuat nomor baru. Maka pada tahun 1964 tidak ada yang menduga bahwa solusi darurat 911 ini suatu hari akan menjadi terkenal di dunia.

Nama 911 sekarang identik dengan mobil dan fleksibilitasnya yang luar biasa, seperti Ferry Porsche katakan" 911 adalah satu-satunya mobil yang bisa Anda kendarai dari Afrika ke Le Mans. lalu ke gedung teater dan ke jalan-jalan di New York."