POPULAR STORIES

Komunitas Jadi Kelas Favorit, Yamaha Konsisten Edukasi Di Sunday Race

Komunitas Jadi Kelas Favorit, Yamaha Konsisten Edukasi di Sunday Race inilah gaya balapan anak komunitas Yamaha ( Foto: Yamaha Indonesia)

Yamaha Sunday Race R Cup Series 2015 putaran 2  yang digelar di Sirkuit Sentul Jawa Barat pada 13 - 14 Juni lalu diikuit oleh 232 starter. kelas komunitas (community) menjadi kategori terfavorit, terus bertambah dari berbagai daerah. Diantaranya hadir komunitas Yamaha Revs CBU (YRCI), Yamaha R25 Owner Indonesia (YROI), Ravens United, R25 Onwer Community on Kaskus (Rock), Yamaha R25 Riders Club Indonesia (YARRCI), R15 club. Semakin spesial, komunitas terbagi kelas A dan B.

Sehubungan dengan pesatnya penambahan dari kelas komunitas, pihak Yamaha Indonesia melakukan langkah potensial penyebaran knowledge atau edukasi. Mulai topik safety-gearnya, edukasi riding-skill (Yamaha Riding Analyzer) dan development motor balap. Banyak yang diperoleh rekan-rekan komunitas. Sebagai gambaran, menyangkut penggunaan chest protector, back protector, one piece racing suit menjadi kampanye Yamaha Sunday race bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI). Juga menyangkut wire-lock, oil-catch tank dan under cowling yang menjadi persyaratan safety sehingga harus terpasang di masing-masing motor pebalap.

“Tidak hanya soal safety, misal dalam pengisian air radiator yang harus dengan air agar lebih cepat menguap jika tumpah di sirkuit dibandingkan dengan coolant yang sifatnya licin di permukaan sirkuit, serta komunitas juga mempelajari dasar regulasi balap untuk motor,” ujar M. Abidin GM Aftersales dan Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Ahmad Nuropik, salah satu rider dari club YROI asal Tegal melakukan debut fantastis di kelas 250cc komunitas B. Baru pertama kali turun di ajang balap, Ahmad Nuropik langsung naik podium ke-2 di seri ke-2, namun sayang akhirnya harus diskualifikasi setelah scruitineering motor. Rider yang berusia 16 tahun itu pun mengaku puas dan senang, dan jika orang tua mengizinkan dunia balap akan ditekuni untuk jenjang karir ke depannya.   

Hasil  kelas community Seri 2 Yamaha Sunday Race R Cup Series 2015 :

600cc - Community :
1.Dennis A. Sapulete  - Mimo-Privat Engineer
2.Febby Sagita - Dream Garage
3.Syarif Mahmud Alkadri  - MRT Daytona Pontianak
 
250 cc Community A :
1.Hendy Rudy - Dream Garage
2.Felix - Racetech
3.Asep Supriatna - YROI

250 cc Community B :
1.Ahmad Zakky - FSS YROI Racing Team
2.Febri Darmansyah - YROI
3.Ravindra - Ravens United  

250 cc Community B (Exhibition) :
1.TeguhWijaksana - YROI
2.R Eurolendra Dutanegara - Ravens United
3.Muhammad Hanif Rabbani - Ravens United  
150 cc Community A :
1.Radityo Wibisiono - Invent Speed Boat DapurIbu R93
2. Rezha Setiawan - YROI Michelin Racing Team
3. Reza Satriana - Yamaha R15 Club Indonesia (YR15CI)
 
150 cc Community B :
1. M Rizki Cahyadi - Yamaha R15 Club Indonesia (YR15CI)
2. Rahmat Hidayat - YR15CI Jakarta Racing Team
3. Ilham Novianto - R15ER

Baca juga: