POPULAR STORIES

Lagi, 3 SMK Di Jawa Barat Dapat Pembinaan KTSM Oleh PT DAM

Lagi, 3 SMK di Jawa Barat Dapat Pembinaan KTSM oleh PT DAM Peresmian lab KTSM Honda di SMK TI Muhammadiyah Cikampek (Foto : PT DAM)

3 (Tiga) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat yang didaulat masuk dalam pembinaan Kurikululum Teknik Sepeda Motor (KTSM) oleh PT Daya Adicipta Motora (DAM), Distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat. Penandatanganan kesepakatan dilakukan  pada 4 Mei 2016 di SMK TI Muhammadiyah Cikampek.

Yudi Heriyadi, Manager Technical Development PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan, “3 (Tiga) sekolah terpilih ini akan langsung bergabung dalam jaringan sekolah pengembangan Kurikululum Teknik Sepeda Motor (KTSM) yang sebelumnya sekolah yang memiliki jurusan otomatif kendaraan roda dua yang tersebar di Jawa barat. Sekolah akan langsung mendapatkan program kurikulum setara dengan pendidikan yang diberikan untuk mekanik AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) atau Technical Training Level Satu (TTL 1). Output yang diharapkan adalah siswa-siswa lulusan SMK dapat langsung bekerja di jaringan AHASS atau wiraswasta.”

Yudi mengungkapkan DAM secara aktif telah memulai program KTSM Honda ini sejak 2009. Kurikulum ini akan mencakup silabus khusus yang disaranai untuk siswa tingkat SMK, dan dilanjutkan dengan penyiapan sarana fisik, berupa laboratorium di sekolah-sekolah yang terpilih. SMK KTSM Honda di wilayah Jawa Barat akan dibina DAM agar terciptanya link and match antara dunia pendidikan dengan dunia industri. Kami berharap pelajar lulusan SMK binaan Honda dapat langsung bekerja di jaringan AHASS atau berwirausaha dengan membuka bengkel sendiri.

Sebagai bagian dari rangkaian acara, digelar pula pelatihan mengenai keunggulan teknologi sepeda motor Honda untuk siswa-siswa dan guru SMK. Pelatihan ini disokong oleh PT Daya Adicipta Motora (DAM) sebagai bekal dasar dalam pembinaan Kurikulum Teknik Sepeda Motor. Dihadirkan pula Servis Kunjung Paguyuban AHASS Karawang yang akan melayani Service Ekonomis dan Safety Check untuk pengendara motor Honda di SMK. Tidak ketinggalan kampanye keselamatan berkendara berupa pelatihan safety riding untuk pelajar dan guru.

Baca juga :