POPULAR STORIES

Lakukan 5 Hal Penting Ini Sebelum Mengemudi

Lakukan 5 Hal Penting Ini sebelum Mengemudi Posisi Duduk yang Benar

KabarOto.com – Banyak yang menganggap mengemudikan mobil itu sesuatu yang mudah. Selagi dapat membuat mobil melaju, sebagian orang akan merasa dirinya sudah layak mengemudi. Padahal ada banyak faktor yang wajib diperhatikan.

Mengemudi yang baik bukan hanya sekadar bisa menginjak pedal rem, gas dan memutar kemudi. Namun, bisa bertanggung jawab atas keselamatan dirinya, maupun orang lain merupakan kewajiban.

“Setidaknya ada 5 hal yang perlu diperhatikan saat mengendarai mobil,” kata Director Training Safety Defense Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana.

1. Duduk sempurna dengan sandaran tegak

Hal ini perlu dilakukan agar pengemudi selalu dalam kondisi waspada, dan dapat mengantisipasi kejadian yang tak terduga.

2. Fisik dan mental yang siap

Bila perlu, sebelum mengemudi lakukan pemanasan, agar otot-otot tidak cepat lelah, apalagi menghadapi kemacetan atau perjalanan jauh. Selain itu, tidak dianjurkan mengemudi saat kondisi tubuh dan pikiran tidak dalam keadaan fit.

3. Penguasaan kendaraan

Berbeda jenis mobil, tentu akan beda pula cara mengendarainya. Paham akan kondisi mobil adalah hal yang wajib dilakukan, agar pengemudi bisa benar-benar ‘mengendalikan’ mobil tersebut.

4. Kondisi lingkungan

Sebisa mungkin pelajari kondisi jalan yang akan dilalui, juga lebih waspada bila ke daerah yang belum pernah dilalui sebelumnya. Ingat lah lokasi-lokasi penting, seperti SPBU, kantor polisi, atau rumah sakit.

5. Karakter kendaraan

Pahami fitur-fitur yang terdapat di mobil, posisi tombol-tombol, pengatur spion, hingga pengatur kursi. Hal ini perlu dilakukan agar pengendara paham cara mengoperasikan mobil tersebut.

Baca juga: Ini Spesifikasi Motor Zero yang Akan Dilelang pada IIMS 2018