POPULAR STORIES

Langkah-Langkah Putar Balik Dengan Aman

Langkah-Langkah Putar Balik Dengan Aman Logo putar balik (foto : Ist)

Putar balik atau sering disebut juga u-turn ini sering dilakukan pada jalur kanan, di mana jalur ini sering dilewati oleh kendaraan-kendaraan yang bertujuan mendahului kendaraan lain. Jadi walaupun terkesan mudah untuk melakukannya, namun resiko cukup tinggi jika tidak hati-hati ketika melakukan putar balik tersebut.

Tidak sedikit yang mengalami kecelakaan pada saat memutar balik, baik tabrak dari belakang ataupun tabrak dari jalur lawan arah. Sebetulnya resiko kecelakaan saat berputar balik, dapat diminimalkan apabila posisi kendaraan kita diketahui oleh kendaraan lain dan pengendara lain pun mengetahui pergerakan dan arah kendaraan yang sedang kita kendarai.

Semakin padatnya lalu lintas, terutama di kota-kota besar maka cenderung semakin banyak pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya kendaraan yang berhenti di bawah tanda stop dan juga banyaknya kendaraan yang memutar balik bukan pada tempatnya.

Banyak kendaraan memutar balik di lampu merah yang sebenarnya sudah ada rambu tidak boleh putar balik serta masih banyak pelanggaran lalu lintas lainnya yang dapat membahayakan diri sendiri ataupun orang lain.

Saat akan memutar balik kendaraan, dikutip dari astraworld, disarankan anda perlu memperhatikan langkah-langkah seperti di bawah ini agar dapat berputar balik dengan aman: