POPULAR STORIES

Lebih Baik Mana, Velg Jari Jari Atau Velg Racing?

Lebih Baik Mana, Velg Jari Jari atau Velg Racing? Selain itu keunggulan dari velg palang yang asli bila mengalami bengkok sedikit masih bisa di press untuk mengembalikan keadaan velg seperti semula. (Foto: Istimewa)

Bro and Sist para bikers, untuk merawat motor kesayangan terkadang gampang-gampang susah, banyak bagian yang harus diperhatikan. Banyak di antara para pengguna dan bikers sendiri belum mengerti caranya merawat motor dengan baik, terutama di bagian velg. Berikut tips tentang perawatan motor velg motor agar motor yang digunakan selalu dalam keadaan prima dan nyaman ketika digunakan.

Contohnya tidak usah jauh-jauh yaitu pada bagian velg, terutama mereka yang menggunakan velg jari jari. Di antara mereka yang menggunakan motor di atas tiga tahun sering mengeluh, di karenakan bagian laher roda pada trombol velg jari jari sangat cepat sekali goyang, padahal bearing yang digunakan masih dalam kondisi baik.

Sebuah analisis yang dilakukan menemukan bahwa dengan pemakaian motor di atas tiga tahun, bagian lubang dudukan leher yang terdapat di bagian tengah tromol sudah mulai haus. Kondisi tersebut harus segara ditanggulangi dengan cara menggantinya hingga keadaanya kembali normal seperti semula.

Dengan hal yang terjadi di atas maka tidak heran pengguna motor dengan velg jari jari, lebih memilih mengganti velg jari jarinya dengan velg palang (racing), di banding harus memakai velg jari jari kembali. Tampaknya alasan yang mereka anut cukup masuk akal kalau dilihat dari segi waktu dan ekonomis. Jika dihitung-hitung memang lebih murah dibandingkan dengan mengganti velg jari-jari kembali. Komponen yang harus disiapkan adalah jari-jari, tromol, dua buah laher roda dan velg, yang berarti biaya yang harus dikeluarkan lebih banyak.

Selain itu keunggulan dari velg palang yang asli bila mengalami bengkok sedikit masih bisa di press untuk mengembalikan keadaan velg seperti semula. Nah untuk keawetan dari laher roda itu sendiri masih tergantung dari kondisi jalan dan cara Bro and Sist mengendarai motor sendiri.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana menurut Bro and Sist, lebih baik gunakan velg jari jari atau velg palang (racing), semua itu hanya Bro and Sist yang menentukan. Yang terpenting adalah selalu safety riding di jalan dan patuhi peraturan berlalulintas.

Baca Juga: