POPULAR STORIES

Macet Beri Dampak Negatif Pada Mobil, Ini Penjelasannya

Macet Beri Dampak Negatif Pada Mobil, Ini Penjelasannya

Kabaroto.com - Kemacetan ternyata memberi dampak negatif bagi mesin mobil, mesin menjadi stres dan muncul tahap kritis disebabkan mesin mendapat tekanan terus menerus. Mesin dipaksa untuk berjalan dan berhenti sehingga kondisi ini membuat mesin mendapat tekanan terus menerus dan membuat komponen menjadi haus. JIka sudah begini maka mesin menjadi over heat dan lama kelamaan menjadi muncul masalah yang sangat serius. Ini dapat terjadi pada semua jenis kendaraan, bukan hanya kendaraan dengan mesin kecil atau LCGC.

Walau mesin LCGC lebih modern dan lebih compact sehingga komponen yang ada jaraknya semakin dekat atau rapat. Lubang dan ruang pendingin pun perlu lubrikasi atau pelumasan lebih banyak lagi. JIka tidak dilindungi pelumasan yang baik maka secara otomatis komponen yang jaraknya saling berdekatan tersebut bisa membawa masalah dikemudian hari.

Galih dari G-Speed mengungkapkan, jika mobil LCGC atau mesin modern tersebut akan cepat terkena gangguan dengan kondisi kemacetan yang terjadi dikota besar. Untuk itu Galih menyarankan untuk menggunakanpelumas atau oli khusus. "Kalau mobil LCGC ya mungkin dengan oli khusus untukk LCGC. Karena mesin kan dituntut untuk kerja ekstra nih kalau macet, makanya saya sarankan menggunakan oli khusus juga.

Selain itu ia juga mengatakan jika service rutin saja tidak cukup, oleh karena itu sekali lagi ia mengingatkan untuk selalu mengganti oli dengan tepat waktu dan gunakan sesuai dengan kebutuhan mesin.