POPULAR STORIES

Makinen Tinjau Ulang Yaris WRC

Makinen Tinjau Ulang Yaris WRC Toyota Yaris WRC 2017 yang akan ditinjau ulang (Foto: Dok www.wrc.com)

Kepala Tim Toyota GAZOO Racing WRC dan juga mantan juara dunia reli 4 kali ini telah mengkonfirmasi bahwa dirinya akan meninjau ulang pengembangan mobil Yaris WRC sebelum tim ini turun secara penuh di musim WRC 2017.

Namun pernyataannya tersebut tidak berkaitan dengan pengumuman Toyota Motorsport GmbH (TMG) di Jerman yang pada bulan Januari lalu mengumumkan sedang mengembangkan mobil WRC yang baru di fasilitas teknik Cologne.

Proyek yang TMG lakukan tersebut melibatkan tester seperti Sebastian Lindholm dan Stéphane Sarrazin untuk pengembangan Yaris WRC serta juga melibatkan Eric Camilli dan Teemu Suninen sebagai tambahan. Namun berdasarkan pernyataan Tommi Makinen tersebut, muncul spekulasi bahwa ia akan mengembangkan mobil yang benar-benar baru selain Yaris WRC serta terlibat penuh dalam proses pengujiannya.

“Meskipun kami masih membutuhkan test driver, saya rasa kemampuan teknis saya sebagai test driver juga dapat digunakan. Saya memiliki beberapa ide yang saya rasa dapat membantu tim ini dan berusaha mendapatkan masukan dan opini sebanyak mungkin dari seluruh kru tim. Kami sekarang memiliki banyak pekerjaan mulai dari sekarang hingga 2017 untuk menguji mobil dalam segala kondisi jalan-salju, kerikil, dataran tinggi, dataran rendah. Kami akan mengujinya diseluruh bagian dunia," ujar Tommi Mäkinen seperti yang dikutip dari www.wrc.com.

Ia pun menambahkan, sejak dirinya pensiun membalap, dirinya memiliki tim sendiri–Tommi Mäkinen Racing–yang berkompetisi pada reli Grup N untuk beberapa waktu.

"Jadi saya memiliki pengalaman untuk menjalankan tim, namun tentunya tantangan kali ini lebih besar dan butuh tanggung jawab besar juga serta masih banyak hal yang harus dikerjakan,” imbuhnya.

Mäkinen kini semakin yakin akan peran barunya sebagai direktur tim besar yang ia anggap sebagai langkah baru dari pengalaman mengelola tim kecil sebelumnya.

Baca Juga: