POPULAR STORIES

Makna Kuda Jingkrak Di Logo Ferrari

Makna Kuda Jingkrak di Logo Ferrari

Kabaroto.com - Super car Ferrari memiliki logo yang khas. Hampir semua orang mengetahui bahwa logo kuda jingkrak dengan latar belakang merah adalah logo dari mobil Ferrari. Lantas, apa makna di balik logo tersebut?

Seperti dinukil Caradvice, Rabu (28/6/2017), logo kuda di ambil dari pesawat tempur yang dikemudikan oleh seseorang bernama Francesco Baracca. Pesawat yang dikemudikan oleh Baracca menjadi inspirasi bagi pendiri Ferrari, Enzo Ferrari, menjadikannya logo perusahaan. Ferrari sendiri juga pernah menjadi tentara.

Inspirasi Enzo menjadikan kuda sebagai logo perusahaan terinspirasi dari ibu Baracca, Countess Paolina. Menurut sang ibunda, kuda adalah lambang keberuntungan. Oleh karenanya, Enzo menjadikan kuda sebagai logo pesawat bikinannya dengan harapan pesawat ini tidak gampang ditembak jatuh oleh musuh.

Setelah tak lagi menjadi tentara dan berkecimpung di dunia aerodinamika, Enzo menekuni dunia otomotif. Dia tetap mempertahankan logo kuda jingkrak pada mobil buatannya.

Dia kemudian menggambar kuda, tapi dengan latar belakang kuning. Perisai ini muncul pertama kali pada 1932 di mobil Alfa Romeo dari tim balap Scuderia.

Sejak saat itu, lencana Kuda Jingkrak selalu muncul, dan akhirnya menjadi ciri khas Ferrari. Bentuknya juga tidak banyak berubah dari sejak pertama kali diproduksi.

Sementara warna merah sendiri baru dominan pada medio 1950-an. Laman auto.ferrari.com menulis, kala Ferrari pertama kali ikut berkontestasi di ajang balap Formula1, di mana aturan tentang warna mobil berdasarkan negara peserta.

Sementara Italia, negara asal Enzo, kebagian warna merah. Warna ini kemudian dikenal dengan nama Italiano Rosso Corsa, atau Italian Racing Red.

Berita Terkait

Berita Terkait