POPULAR STORIES

Mariah Carey, Robot, Beruang Dan Minuman Ringan Bantu Kembangkan Crossover Nissan

Mariah Carey, Robot, Beruang dan Minuman Ringan Bantu Kembangkan Crossover Nissan Mariah Carey, Robot, Beruang dan Minuman Ringan Bantu Kembangkan Crossover Nissan, inilah satu gebrakan yang dilakukan oleh Nissan (Foto: newsroom.nissan-europe.com)

Judul artikel ini mungkin terlihat aneh, tapi memang empat subjek diatas, Mariah Carey, Robot, Beruang dan Minuman Ringan, benar-benar digunakan oleh Nissan untuk menguji model crossovernya seperti Juke, Qashqai dan X-trail seperti yang diklaim oleh rilis pers resmi produsen mobil tersebut.

Masyarakat mungkin paham tentang penggunaan robot untuk menguji durabilitas serta kualitas material pintu dan kap mesin mobil dengan cara membuka dan menutup berulang kali, tapi bagaimana dengan Mariah Carey, beruang dan minuman ringan?

Nissan menyebutkan bahwa pengujian tersebut bertujuan untuk mewakili penggunaan kendaraan harian berdasarkan fakta bahwa pengemudi mobil sering menyalakan perangkat audio mobil dengan suara keras sebanyak 1.200 hari (atau setara 1.728.000 menit) dengan berbagai rentang suara dan ketukan nada lagu. Itu sebabnya Nissan menggunakan lagu Mariah Carey untuk rentang nada tinggi hingga berbagai jenis House Music Jerman untuk variasi ketukan nada. Berdasarkan realita, hal tersebut memang masuk akal bila melihat video-video tentang kendaraan yang telah dimodifikasi perangkat audionya sanggup membuat kaca mobil bergetar bahkan pecah.

Bila Mariah Carey dan House Musik Jerman belum mencukupi, Nissan kemudian menggunakan beruang imajiner untuk menguji crossovernya. Yang dimaksud oleh Nissan adalah menjatuhkan beban di atas atap mobil dan kap mesin dengan berat setara Beruang Coklat yang ada di Amerika Utara dan Eurasia atau sekitar 115 kg hingga 1.000 kg (Californian Grizzly). Mungkin berat 1.000 kg terlalu fantastis untuk seekor beruang, tetapi simulasi tersebut bisa dikatakan sah bila Anda tinggal di area Amerika Utara dimana banyak mobil sering dipanjat oleh beruang liar untuk tidur atau untuk bermain-main.

Lalu bagaimana dengan minuman ringan?  “Pengujian menggunakan berbagai jenis gelas, botol dan kontainer untuk menguji fungsi cupholder dan kantong sisi pintu. Insinyur kami bahkan memutuskan untuk merancang ulang kantong sisi pintu pada Qashqai saat diketahui bahwa botol baru yang digunakan oleh salah satu produsen minuman Teh Hijau Jepang yang populer tidak muat di kantong sisi bila tidak di tekan. Tidak ingin memberi rasa tidak puas bagi konsumen, rancangan kantong sisi pintu kemudian diubah dan memakan biaya lebih dari €50,000. Crossover Nissan juga telah menciptakan standar baru dalam desain interior. Lebih dari 20 variasi kursi pengemudi telah dievaluasi dan diuji untuk sisi kenyamanan lebih dari 300 kali. Pengujian juga meliputi pola pemakaian harian seperti noda lengket akibat lelehan dan noda coklat, oli, lipstik, gel rambut dan kopi,” ungkap David Moss, Senior Vice President.

Seperti yang dikutip dari newsroom.nissan-europe.com, ia mengatakan, di Nissan Europe Technical Centre dalam rilis pers tersebut menyatakan, beberapa alat yang diciptakan dan instrumen yang digunakan mungkin membuatnya seperti ilmuwan gila. Tapi seluruh metode tersebut digunakan untuk memastikan bahwa model crossover Nissan telah diuji dengan seksama untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Dan inilah yang akan dilakukan pihaknya untuk masa mendatang.

Jadi bagi Anda pemilik salah satu model Crossover Nissan, cobalah buktikan klaim Nissan tersebut dengan menggunakan seekor beruang, pakaikan lipstik, nyalakan perangkat audio mobil Anda sekeras mungkin dengan memainkan lagu Fantasy dari Mariah Carey dan kunci pintunya dengan membuka kaca sedikit untuk ventilasi beruang tentunya. Setelahnya lihat apa yang akan terjadi dengan crossover Anda. Apakah Bro and Sist berani melakukannya?

Baca Juga:

 

Berita Terkait

Berita Terkait