POPULAR STORIES

Marquez Berpeluang Samai Rekor Kemenangan Stoner

Marquez Berpeluang Samai Rekor Kemenangan Stoner Marc Marquez (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Europe)

KabarOto.com- Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez berhasil merebut kemenangan ke-63 di Grand Prix, sekaligus yang ke-37 di kelas tertinggi usai meraih kemenangan dua pekan lalu di GP Jerez, Spanyol. Hasil itu juga membuat Marquez menyamai rekor kemenangan milik sembilan kali juara dunia, Mike Hailwoo.

Jelang GP Prancis yang digelar di Sirkuit Le Mans akhir pekan nanti, Marquez berpeluang menyamai rekor 38 kemenangan milik juara dunia dua kali MotoGP, Casey Stoner.

Dengan 37 kemenangan, Hailwood dan Marquez kini masing-masing berada di peringkat keenam dan ketujuh dalam daftar rider dengan kemenangan terbanyak di kelas tertinggi. Sementara posisi puncak dipegang pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dengan koleksi 89 kemenangan.

Baca Juga: Alex Rins Resmi Bertahan di Suzuki hingga 2020

Peringkat kedua dipegang oleh 15 kali juara dunia, Giacomo Agostini dengan 68 kemenangan, dan peringkat ketiga diisi oleh lima kali juara dunia, Mick Doohan dengan 54 kemenangan.

Pembalap Ducati Corse, Jorge Lorenzo diperingkat keempat dengan 44 kemenangan, sementara Casey Stoner berada di peringkat kelima dengan 38 kemenangan.

Marquez berpeluang menyamai rekor 38 kemenangan milik Stoner andai dirinya mampu mempersembahkan kemenangan pada GP Prancis akhir pekan nanti.

Baca Juga: Jelang GP Prancis, Marquez Termotivasi Raih 3 Kemenangan Beruntun

Namun, tugas Marquez dipastikan tidak mudah mengingat Le Mans bukanlah sirkuit yang bersahabat dengan rider berusia 25 tahun tersebut.

Selama berkarir di MotoGP, rider 25 tahun ini hanya dua kali naik podium, yakni usai finis ketiga pada 2013 dan menang pada 2014. Sementara tahun lalu ia bahkan gagal finis.

Pembalap dengan Rekor Kemenangan Terbanyak di MotoGP:
1. Valentino Rossi - 89 kemenangan
2. Giacomo Agostini - 68 kemenangan
3. Mick Doohan - 54 kemenangan
4. Jorge Lorenzo - 44 kemenangan
5. Casey Stoner - 38 kemenangan
6. Mike Hailwood - 37 kemenangan
7. Marc Márquez - 37 kemenangan
8. Eddie Lawson - 31 kemenangan