POPULAR STORIES

Mau Ganti Ukuran Velg? Ganti Juga Bagian Ini

Mau Ganti Ukuran Velg? Ganti Juga Bagian Ini Modifikasi Velg (Foto:stancemotorsport.com)

Mengganti Velg standard dengan yang lebih besar dan bagus tentu menjadi keinginan setiap meilik mobil. Tampilan velg tentu akan membuat kece dan stylish. Namun ada baiknya anda mempertimbangkan faktor cengkraman mobil yang lebih baik. Karena permukaan velg yang lebih besar otomatis memiliki lebar permukaan yang lebih besar pula. Begitu pun dengan pengaplikasian ban, juga menggunakan profil yang tapaknya lebih lebar.

Saat anda melakukan pergantian velg ke ukuran yang lebih besar, disamping menggunakan ban yang besar juga, anda juga disarankan untuk melakukan peningkatan sistem pengereman. Karena semakin besar dimensi velg, makin besar juga pengaruh dari bodyroll yang bertambah.

Beban yang akan ditanggung rem untuk menghentikan kendaraan juga akan makin besar. Sehinggak kemungkinan rem standar saja tidak bisa optimal. Apalagi kalau dimensi, diameter, lebar dan berat velg yang baru cukup jauh bedanya dengan yang standar. Tujuannya melakukan upgrade sistem pengereman dengan yang lebih bagus adalah agar daya cengkeram dari rem tersebut tetap baik.

Sebenarnya bukan hanya rem yang harus Anda upgrade, ada beberapa komponen lain lagi seperti per dan sokbreker. Penggantian tersebut bertujuan agar suspensi semakin rigid dan mampu mereduksi gejala bodyroll saat menikung. Selain itu, Anda juga harus melakukan wheel alignment agar dapat melakukan setting toe dan chamber pada ban.

Baca Juga: