POPULAR STORIES

Mau Tahu Kompon Ban Jenis Yang Digunakan MotoGP Inggris?

Mau Tahu Kompon Ban Jenis yang Digunakan MotoGP Inggris? Inilah kompon ban jenis yang digunakan MotoGP di Inggris (Foto: MotoGP)

Menjelang Balapan MotoGP yang akan dilangsungkan di Inggris "Octo British Grand Prix", Bridgestone Motorsport telah mengumumkan kompon ban yang akan digunakan para tim yang mengikuti GP tersebut.

Bridgestone telah mempersiapkan kompon untuk ban slick (gundul) yaitu ban depan (Extra-soft,soft,medium) dan ban belakang (soft,medium,hard {asymmetric}). Sementara untuk ban basah bridgeston telah menyiapkan kompon soft (pilihan utama) dam hard (sebagai alternatif).

Seperti dilaporkan laman MotoGP, www.motogp.com, Silverstone, Inggris menjadi tuan rumah putaran ke-12 MotoGP musim 2015. Dalam sirkuit yang panjangnya 5,9 kilometer ini menawarkan kombinasi trek cepat dan suhu dingin. Serta terdiri dari 10 tikungan ke kanan dan 8 tikungan ke kiri. Jadi kompon asymmetric pada ban belakang dengan karet yang lebih keras pada bagian bahu kanan ban.

Sementara pada bagian bahu kiri ban digunakan karet yang lebih soft atau lembut dengan tujuan untuk meningkatkan keselamatan para pembalap. Opsi kompon ban belakang untuk tim pabrikan Honda dan Yamaha adalah medium dan hard. Sedangkan Aprilia, Ducati, Suzuki dan pebalap kelas Open mendapat alokasi ban berkompon soft dan medium untuk ban belakang tipe slick.

Dengan beberapa area trek lurus, Silverstone memiliki beberapa zona hard braking (pengereman keras) sebelum memasukin tikungan seperti Brooklands, Stowe dan Vale, yang membutuhkan stabilitas yang maksimum dari ban depan. Stabilitas pada front-end mutlak dibutuhkan dan keseimbangan dapat diperoleh lewat warm-up (pemanasan) yang bagus. Untuk itu, Bridgestone menyiapkan opsi kompon extra-soft, soft dan medium untuk ban tipe slick di GP Inggris.

Baca Juga: