POPULAR STORIES

Max Verstappen Olahragawan Terbaik Belanda 2016

Max Verstappen Olahragawan Terbaik Belanda 2016

Pebalap Formula 1 Red Bull Racing, Max Verstappen, dinobatkan sebagai olahragawan terbaik di Belanda tahun ini mengalahkan para peraih medali emas Olimpiade 2016.

Di awal musim Formula 1 2016, Verstappen sebenarnya hanya berstatus pebalap Toro Rosso, tim kedua Red Bull di ajang balap tersebut. Namun, menyusul performa kurang oke Daniil Kyvat di beberapa seri bersama Red Bull, membuat Verstappen dipromosikan.

Baru tampil bersama Red Bull, Verstappen membuat sensasi dengan langsung memenangi balapan debutnya di GP Spanyol. Setelah itu nama Verstappen mulai naik daun dengan enam kali finis lima besar, termasuk empat podium, dari delapan balapan pertamanya.

Verstappen lantas finis posisi kelima di klasemen akhir musim lalu dengan 204 poin, lebih baik dari pebalap kawakan asal Ferrari, Kimi Raikkonen, yang finis posisi keenam.

Meski demikian, Verstappen tak lepas dari kritik sepanjang musim lalu, terkait gaya membalapnya yang dianggap ugal-ugalan dan membahayakan pebalap lain. Sebut saja Sebastian Vettel dan Raikkonen pernah mengeluhkan itu.

Atas performa gemilangnya di musim perdananya bersama Red Bull, Verstappen pun dinobatkan sebagai atlet Belanda terbaik tahun ini. Pemuda 19 tahun itu mengalahkan atlet selancar angin Dorian van Rijsselberghe dan perenang Ferry Weertman - keduanya peraih medali emas di Olimpiade 2016 -. Lalu Verstappen juga menggunguli pebalap sepeda Tom Dumoullin dan speed skater Sven Kramen.

Verstappen memulai kariernya di F1 bersama Scuderia Toro Rosso sebagai test driver pada 2014. Musim penuh pertamanya adalah tahun 2015 yang dituntaskannya di posisi ke-12 dengan 49 poin, dilansir Planetf1.

baca juga: